Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemnaker Jadikan Borobudur Proyek Percontohan BLK Komunitas Sektor Pariwisata

Kemnaker membangun BLK Komunitas yang tersebar di 6 lokasi penyangga destinasi wisata Borobudur.

Kemnaker Jadikan Borobudur Proyek Percontohan BLK Komunitas Sektor Pariwisata
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Libur panjang banyak dimanfaatkan sejumlah warga untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata, salah satunya mendatangi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/3/2021). TWC Borobudur tetap buka selama libur panjang dengan membatasi jumlah pengunjung guna mencegah penyebaran Covid-19. Tribun Jateng/Hermawan Handaka 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAWA TENGAH - Kementerian Ketenagakerjaan menjadikan kawasan Wisata Borobudur menjadi salah satu proyek percontohan dalam pelaksanaan program pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) dan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK).

Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan 5 destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

BLK dan BLKK digaungkan untuk mendukung penyediaan pekerja terampil di sektor pariwisata.

"Kita siapkan BLK dan BLKK untuk menyiapkan SDM berkualitas dan meningkatkan kompetensi para pekerja di sektor pariwisata," kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah saat mengunjungi kawasan wisata Borobudur, Jumat (21/5/2021).

Kemnaker menyelenggarakan Sosialisasi Program BLK Komunitas Bidang Pariwisata yang merupakan tindak lanjut hasil dari Rakor Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Rakor menyepakati bahwa Kementerian ketenagakerjaan memiliki tugas penting dalam penyiapan kompetensi SDM pekerja Pariwisata di Indonesia.

"Kita jadikan Kawasan Borobudur ini sebagai pilot project pengembangan destinasi wisata yang berkualitas serta dapat terus mempertahankan budaya, kearifan lokal, serta wisata berkesinambungan," kata Menaker Ida.

Baca juga: Ini Kata Sandiaga Uno Soal Pengembangan Sektor Parekraf di Kawasan Borobudur

Kemnaker membangun BLK Komunitas yang tersebar di 6 lokasi penyangga destinasi wisata Borobudur, meliputi Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Temanggung.

Program pelatihan BLK Komunitas dibuat relevan dengan kebutuhan pasar kerja lokal, tanggap peluang dan potensi, kreatif dan inovatif, serta memperbanyak jejaring kerjasama dengan sektor industri.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas