Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penerbangan Nasional

Program Vaksinasi Dinilai Bisa Menjadi Jalan Keluar Industri Penerbangan dari Kondisi Sulit

jika vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat selesai maka hal itu dapat menstimulasi pemulihan industri penerbangan di Indonesia.

Program Vaksinasi Dinilai Bisa Menjadi Jalan Keluar Industri Penerbangan dari Kondisi Sulit
Istimewa
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kondisi industri penerbangan di Indonesia diprediksi akan mulai pulih, saat program vaksinasi telah selesai dilakukan oleh pemerintah.

Analis penerbangan Arista Atmadjati mengatakan, jika vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat selesai maka hal itu dapat menstimulasi pemulihan industri penerbangan di Indonesia.

Ia menyebutkan, saat ini permasalahan meruginya maskapai penerbangan akibat pandemi Covid-19 yang belum usai dan membuat masyarakat takut untuk melakukan perjalanan.

Baca juga: Garuda dan Sriwijaya Air Tawarkan Pensiun Dini ke Karyawan, Ini Respons Pengamat hingga DPR

"Prosedur untuk melakukan perjalanan yang rumit dan juga masalah kesehatan, jadi faktor utama masyarakat untuk menahan diri melakukan perjalanan," kata Arista saat dihubungi Tribunnews, Senin (24/5/2021).

Terlebih lagi menurut Arista, pelaku perjalanan bisnis juga ikut menahan diri untuk melakukan perjalanan dengan angkutan udara karena adanya ketentuan isolasi mandiri saat tiba di tempat tujuan dan itu dianggap merugikan.

Baca juga: Ada Opsi Pensiun Dini untuk Karyawan Garuda dan Sriwijaya Air, Ini Kata Analis

"Vaksinasi ini kemungkinan akan menjadi jalan keluar agar dunia penerbangan kembali pulih sedikit demi sedikit, pasalnya bila sudah ada health community dapat membuat masyarakat kembali melakukan perjalanan," ucap Arista.

Selain itu health comunity ini juga, ungkap Arista, bisa menghilangkan pembatasan penumpang di atas pesawat karena memberikan dampak percaya diri kepada masyarakat.

Arista juga menilai, kondisi maskapai di Indonesia sebetulnya sudah dalam kondisi bangkrut tetapi perusahaan yang menyewakan pesawat masih memberi kesempatan dan negosiasi agar tetap beroperasi.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas