Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Profil Dirut Telkomsel Hendri Mulya Syam, Jagoan Sales dan Marketing Operator Seluler di Indonesia

Sosok Hendry sendiri lama berkecimpung di dunia telekomunikasi bahkan sejak Telkomsel berdiri 26 tahun lalu silam.

Profil Dirut Telkomsel Hendri Mulya Syam, Jagoan Sales dan Marketing Operator Seluler di Indonesia
Warta Kota/henry lopulalan
Hendri Mulya Syam resmi menjabat sebagai direktur utama Telkomsel menggantikan Setyanto Hantoro. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Telkomsel baru saja melakukan perombakan di tingkat direksi pada Jumat (28/5/2021).

Tak perlu waktu lama, usai menggelar kick off jaringan 5G di Indonesia satu hari sebelumnya, Telkomsel langsung mengambil keputusan besar bagi korporasi. Hendri Mulya Syam resmi menjabat sebagai direktur utama Telkomsel menggantikan Setyanto Hantoro.

Baca juga: Gantikan Setyanto Hartono, Hendry Mulya Syam Resmi Jabat Dirut Baru Telkomsel

Jabatan Hendri sebelumnya adalah direktur sales di perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut. Sosok Hendry sendiri lama berkecimpung di dunia telekomunikasi bahkan sejak Telkomsel berdiri 26 tahun lalu silam.

Lantas, siapakah sosok Hendri Mulya Syam?

Berdasarkan informasi yang dikutip situs resmi Telkomsel dan sejumlah sumber lainnya, Sabtu (29/5/2021), Hendri bergabung dengan Telkomsel pada 1995.

Pada masa itu, pria berkacamata dan berambut setengah poni itu menempati berbagai posisi strategis. Hendry diketahui lama menempati posisi seperti Network Strategy, Network Services and Quality, Corporate Planning, Product and Mobile Data, Marketing, Customer Service and IT Operation, dan Program Management Office.

Karier profesionalnya di Telkomsel terbilang cukup baik dan strategis. Hingga pada akhirnya, ia sempat hengkang ke operator kompetitor, Indosat Ooredoo pada November 2018.

Pindah ke Indosat Ooredoo, Hendri menduduki jabatan sebagai chief sales and distribution officer. Jabatan tersebut terbilang penting bagi kelangsungan after sales dari semua produk telekomunikasi dan digital dari operator yang dulu dimiliki Satelindo itu.

Menariknya, kepindahan Hendri ke Indosat Ooredoo saat itu dikaitkan dengan faktor kekerabatan yang kuat. Hal itu karena Hendry merupakan adik dari mantan Direktur Utama Indosat Ooredoo, Johnny Swandi Syam, periode 2007-2009.

Lulusan jurusan elektro telekomunikasi dari Institut Teknologi Indonesia (ITI) Serpong ini tak lama berkarier di Indosat Ooredoo. Hanya setahun lebih, ia kembali pulang kampung ke perusahaan telekomunikasi di mana awal kariernya dimulai yakni Telkomsel.

Kembali ke Telkomsel, Hendri ditunjuk menjabat Direktur Network Telkomsel pada Juni 2020 bersama dengan Direktur Utama kala itu Setyanto Hantoro. Hingga pada Februari 2021, Hendri ditunjuk untuk mengisi posisi Direktur Sales yang mengantarkannya ke jabatan tertinggi Direktur Utama Telkomsel.

Sampai pada akhirnya, Telkomsel memutuskan merombak tiga direksi sehari setelah melaunching 5G di Indonesia dan menunjuk Hendri menjadi Direktur Utama Telkomsel efektif 28 Mei 2021. Hal ini berdasarkan persetujuan dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom sebagai induk perusahaan dan Singapore Telecommunications Ltd atau SingTel selaku pemegang saham.

Selain Hendri Mulya Syam, ada dua nama lainnya yakni Mohamad Ramzy yang ditunjuk menjadi direktur keuangan dan manajemen risiko menggantikan Leonardus Wahyu Wasono, dan Adiwinahyu Basuki Sigit mengisi posisi yang ditinggal Hendri Mulya Syam sebagai direktur sales.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas