Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Dengar Cerita Alumni Kartu Prakerja yang Sudah Punya 3 Usaha, Ini Kata Menko Airlangga

Setelah lolos, ada banyak pelatihan yang disediakan dan bisa dipilih sesuai minat dan kebutuhan individu.

Dengar Cerita Alumni Kartu Prakerja yang Sudah Punya 3 Usaha, Ini Kata Menko Airlangga
istimewa
Dialog Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI dengan Penerima Kartu Prakerja, di Hotel Papandayan-Bandung, Jumat (4/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seorang alumni Program Kartu Prakerja gelombang 2 yaitu Andri Dwiko Putra (32), yang mengikuti pelatihan Teknik Menjual Apapun dengan Mudah, mengatakan dirinya kini telah memiliki tiga usaha sekaligus.

Di antaranya adalah usaha donat, harum manis, dan mainan.

"Saya mengikuti pelatihan itu biar usaha saya semakin besar. Sebelum ikut Prakerja saya cuma bisa ngirim ke 10 warung, setelah ikut, sekarang warung yang jadi langganan saya udah ada 300," jelas Andi saat menghadiri acara Talkshow "Antara Tren, Produk, dan Konsumen", Dialog Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI dengan Penerima Kartu Prakerja, di Hotel Papandayan-Bandung, Jumat (4/3/2021).

Mendengar cerita Andi, dan beberapa alumni Prakerja lain yang hadir, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyampaikan pujian dan berterimakasih kepada seluruh alumni Program Kartu Prakerja, karena telah konsisten mengikuti program pelatihan dari awal hingga selesai.

Baca juga: Menko Airlangga Nilai Kartu Prakerja Bisa Lahirkan Wirausaha Tangguh

Menurut Airlangga, seluruh alumni Prakerja luar biasa, karena meskipun di tengah pandemi, mereka tetap memiliki daya tahan untuk menyelesaikan program pelatihan hingga selesai.

"Di tengah ketidakpastian dan tantangan, bersedia untuk tetap belajar dan punya daya tahan untuk mengikuti tes sampai selesai," tutur Airlangga.

"Tadi ada yang delapan kali tidak lolos, itu masih terus semangat untuk mendaftar, sehingga dapat di gelombang sembilan, itu luar biasa, " imbuhnya

Setelah lolos, ada banyak pelatihan yang disediakan dan bisa dipilih sesuai minat dan kebutuhan individu.

"Tadi ada yang ikut empat-lima pelatihan, menghabiskan dana pelatihan, kemudian memilih untuk memulai usaha," ujarnya.

Airlangga mengatakan, capaian ini merupakan sesuatu yang diharapkan pemerintah, karena di situasi pandemi dibutuhkan Sumber Daya Masyarakat (SDM) yang memiliki banyak skill, yang hanya bisa dicapai dengan pembelajaran secara terus-menerus.

"Jadi, terima kasih. Sekali lagi kami ucapkan selamat dan pemerintah akan terus mendorong agar usahanya bisa meningkat," pungkas Airlangga.

Acara talkshow dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta yang hadir diwajibkan melakukan swab antigen di depan pintu masuk. Acara ditutup dengan kunjungan Airlangga ke stand-stand produk usaha dari alumni Prakerja.

Penulis: Sanusi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas