Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kadin Harus Tahu Tantangan Spesifik yang Dihadapi Setiap Sektor Industri

Setiap industri memiliki tantangan yang berbeda-beda, ada yang bisa tetap bertahan di tengah pandemi, bahkan tumbuh signifikan.

Kadin Harus Tahu Tantangan Spesifik yang Dihadapi Setiap Sektor Industri
Istimewa
Arsjad Rasjid. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid membicarakan dampak situasi pandemi saat ini ke berbagai industri.

Menurut dia, setiap industri memiliki tantangan yang berbeda-beda, ada yang bisa tetap bertahan di tengah pandemi, bahkan tumbuh signifikan.

"Sektor itu yakni industri kesehatan. Namun, banyak pula industri menghadapi tantangan yang sangat berat yakni akomodasi, transportasi, hingga konstruksi," ujarnya melalui pesan singkat kepada Tribunnews, Selasa (8/6/2021).

Arsjad menjelaskan, ke depan akan selalu ada peluang yang bisa dikembangkan bagi pelaku usaha dengan adanya dorongan Kadin Indonesia.

Baca juga: Munas Kadin Dipindah ke Sultra, Ini Harapan Besarnya ke Investor

Kadin, lanjutnya, harus bisa mengambil peran strategis untuk menjadi jembatan komunikasi dengan pemerintah untuk meraih peluang tersebut.

Karenanya, Kadin juga harus mengetahui tantangan spesifik yang dihadapi oleh industri serta memiliki peta jalan industri prioritas.

Baca juga: Pengamat: Calon Pemimpin Kadin Harus Mampu Optimalkan Potensi Daerah

"Industri prioritas karena itu kontribusinya besar terhadap GDP, termasuk industri apa saja yang menyerap banyak tenaga kerja, memiliki multiplier effect besar, dan seterusnya. Zaman sudah berubah, kita sudah harus beradaptasi dengan semua kebiasaan baru, Kadin harus berani berubah menghadapi situasi dan tantangan industri yang makin kompleks," pungkas Arsjad.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas