Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bank Indonesia Klaim Optimisme Konsumen Makin Menguat

rwin Haryono mengatakan, optimisme konsumen tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2021 sebesar 104,4.

Bank Indonesia Klaim Optimisme Konsumen Makin Menguat
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Logo Bank Indonesia di pagar kompleks perkantoran BI di kawasan MH Thamrin, Jakarta. Senin. (16/12/2013) (TRIBUNNEWS/HERUDIN) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Survei Konsumen (SK) Bank Indonesia pada Mei 2021 mengindikasikan, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi yang terus menguat.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, optimisme konsumen tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2021 sebesar 104,4.

Angka tersebut meningkat dibandingkan dengan IKK April 2021 sebesar 101,5.

“Keyakinan konsumen terpantau membaik pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden,” jelas Erwin dalam keterangannya, Rabu (9/6/2021).

“Secara spasial, keyakinan konsumen membaik pada 6 kota yang disurvei, tertinggi di kota Medan, diikuti oleh Surabaya dan Manado,” sambungnya.

Erwin melanjutkan, berdasarkan hasil Survei Konsumen, penguatan optimisme konsumen pada Mei 2021 didorong oleh persepsi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi saat ini. Meskipun. masih berada pada area pesimis (<100).

Baca juga: Cadangan Devisa Indonesia Turun Jadi 136,4 Miliar Dolar AS

Hasil tersebut didorong oleh perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama.

Baca juga: Defisit APBN 2021 Makin Manjadi-jadi, Hingga April 2021 Meroket 85,5 Persen Senilai Rp 138,1 Triliun

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan terpantau relatif stabil dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya.

“Ekspektasi ketersediaan lapangan kerja meningkat, sementara ekspektasi terhadap kegiatan usaha dan penghasilan cukup kuat meskipun lebih rendah dibandingkan dengan level pada bulan sebelumnya,” pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas