Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sri Mulyani Ajak BI dan OJK Diskusi Soal Pajak Investor Kripto 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, hal tersebut melihat fenomena sama yang sedang terjadi di dunia menanggapi keberadaan investor kripto. 

Sri Mulyani Ajak BI dan OJK Diskusi Soal Pajak Investor Kripto 
Ist
Menkeu Sri Mulyani. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan menyatakan, sudau mengajak Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) soal wacana pemajakan investor cryptocurrency atau mata uang kripto. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, hal tersebut melihat fenomena sama yang sedang terjadi di dunia menanggapi keberadaan investor kripto. 

"Bagaimana Kementerian Keuangan atau bank sentral mulai step-in. Bagaimana bentuk regulasinya dan bagaimana kemudian kita juga dalam proses dengan Pak gubernur (BI) dengan OJK mendiskusikan mengenai hal itu (pemajakan)" ujarnya saat rapat bersama Komisi XI DPR, Kamis (10/6/2021). 

Menurut Sri Mulyani, regulasi pemerintah harus menyeimbangkan kecepatan dari teknologi itu sendiri, di mana kripto bersandar.

Baca juga: Aset Kripto Berbasis Komunitas Meningkat Lebih dari 300 Persen dalam Sehari

"Terus terang memang nanti kecepatan legislasi dan kecepatan teknologi ini kita akan perlu untuk mensinkronkan. Kalau tidak, Indonesia juga akan ketinggalan dengan perubahan yang begitu sangat besar," katanya. 

Di sisi lain, dia menambahkan, keberadaan cryptocurrency di Indonesia masuk dalam pengawasan Bappepti karena dianggap komoditas. 

"Kripto kan regulatornya dimasukan dalam Bappepti, dianggap komoditas. Ini secara internasional juga perlu lihat practice-nya," pungkas Sri Mulyani.

Ikuti kami di
Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas