Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menteri BUMN Diminta Desak PLN Atasi Krisis Listrik di Morowali Sulteng

Anwar mengharapkan Menteri BUMN Erick Thohir bisa membantu rakyat Morowali yang mengalami krisis listrik dengan mendesak PLN.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menteri BUMN Diminta Desak PLN Atasi Krisis Listrik di Morowali Sulteng
Istimewa
Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Anwar Hafid. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Anwar Hafid angkat bicara mengenai krisis listrik yang masih terjadi di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Kali ini, Anwar yang merupakan mantan bupati Morowali itu mendesak Kementerian BUMN, khususnya sang menteri, untuk turun tangan.




"Menteri BUMN harus turun tangan, untuk mendesak PLN sebagai salah satu BUMN negara agar mengatasi krisis listrik di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah yang sudah berlarut-larut," ujar Anwar kepada wartawan, Jumat (11/6/2021).

Anwar sendiri memahami jika PLN belum mampu mengatasi persoalan tersebut, karena transmisi listrik baru bisa diperkirakan selesai di tahun 2023.

Karenanya, anggota Komisi II DPR RI itu memberikan solusi kepada PLN untuk melakukan amandemen kontrak daya dengan PT IMIP untuk menambah pasokan daya minimal 10 mega watt.

"Karena masyarakat sangat menderita dengan kondisi krisis listrik yang memprihatinkan," tegas Anwar.

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani: Tidak Mudah bagi PLN Beralih ke Pembangkit Listrik Energi Terbarukan

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Anwar mengharapkan Menteri BUMN Erick Thohir bisa membantu rakyat Morowali yang mengalami krisis listrik dengan mendesak PLN.

Sebab, Kabupaten Morowali adalah salah satu kabupaten penyumbang devisa negara dari proses hilirisasi nikel yang diandalkan bangsa ini.

Hanya saja, menjadi ironi ketika daerah yang dijuluki bintang dunia nikel justru rakyatnya mengalami krisis listrik. Anwar pun mengibaratkan hal ini seperti tikus mati di lumbung beras.

"Karena itu, saya berharap Menteri BUMN bisa mendesak PLN untuk membantu rakyat yang mengalami kesulitan akibat krisis listrik," kata Anwar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas