Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menhub Sebut Korea Selatan Ingin Ikut Serta Pembangunan LRT di Bali

Pemerintah Indonesia berencana membangun transportasi Light Rail Transit atau LRT di Bali dengan rute Bandara Ngurah Rai - Seminyak.

Menhub Sebut Korea Selatan Ingin Ikut Serta Pembangunan LRT di Bali
Tribunnews/Jeprima
Pekerja menyelesaikan pembangunan Stasiun LRT Jabodebek di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2020). Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Cawang-Cibubur sudah mencapai 87,34 persen. Seluruh lintasan ditarget rampung semua pembangunannya pada 2021. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia berencana membangun transportasi Light Rail Transit atau LRT di Bali dengan rute Bandara Ngurah Rai - Seminyak.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan rute LRT dari Bandara Ngurah Rai - Seminyak nantinya akan membuka jalur sepanjang 9,46 kilometer.

Baca juga: Menhub Bahas Peluang Kerjasama Pembangunan LRT di Bali dan MRT Fase 4 Jakarta dengan Dubes Korsel

Kemudian menurutnya dalam rencana pembangunan infrastruktur transportasi ini, berpeluang untuk melakukan kerja sama dengan pemerintah Korea Selatan.

"Kami sudah melakukan pertemuan dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, terkait pembangunan infrastruktur transportasi," ujar Budi dalam keterangannya, Selasa (16/6/2021).

Baca juga: LRT Jabodebek Diproyeksikan Beroperasi Tahun Depan

Ia juga mengungkapkan, Indonesia tentu sangat menyambut baik apabila Korea Selatan ingin terlibat dalam pembangunan LRT di Bali.

Terkait rencana pembangunan LRT di Bali, Budi Karya mengungkapkan, pihak Pemerintah Provinsi Bali telah mengusulkan agar pembiayaan penyusunan studi kelayakan dapat dikerjasamakan dengan pihak Korea Selatan melalui skema hibah.

"Tetapi kami masih harus menunggu Bappenas menyelesaikan penyusunan Rencana Mobilitas Perkotaan di akhir tahun 2021," ujar Budi Karya.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas