Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Mendag Janjikan Tidak Akan Ada Hambatan di Importasi Tabung Oksigen

Mendag menegaskan kelancaran impor oksigen menjadi prioritas di tengah tingginya kebutuhan daripada pasien Covid-19.

Mendag Janjikan Tidak Akan Ada Hambatan di Importasi Tabung Oksigen
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Krakatau Steel mendirikan posko isi ulang oksigen atau Posko Rescue Oxygen, Monas, Jakarta Pusat (5/7/2021). Tabung oksigen yang kosong akan dibawa oleh armada truk dan petugas Pemprov DKI Jakarta ke tempat pengisian di kawasan Cilegon. Posko Rescue Oxygen didirikan atas kolaborasi dengan sejumlah OPD Pemprov DKI Jakarta untuk membantu penyediaan tabung oksigen bagi rumah sakit pemerintah dan swasta khusus Covid-19. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjamin tidak akan ada hambatan untuk importasi tabung oksigen dari luar negeri.

“Jadi oksigen bagian dari BNPB untuk produk yang dipastikan tidak ada halangan untuk masuk wilayah Indonesia. Oksigen masuk ke dalam listnya semoga tidak ada hambatan di daerah Indonesia,” ucap Mendag dalam video conference, Senin (5/7/2021).

Mendag menegaskan kelancaran impor oksigen menjadi prioritas di tengah tingginya kebutuhan daripada pasien Covid-19.

“Dari manapun datangnya kalau sudah masuk dalam list oksigen itu sudah masuk dalam eksepsi kelancaran pelabuhan. Itu akan berjalan dengan baik,” ucapnya.

Baca juga: Kelangkaan Tabung Oksigen. Penjual: Baru 15 Tabung Datang, Langsung Diserbu Warga

Dia juga memastikan distribusi obat-obatan dan alat kesehatan harus berjalan baik di masa PPKM Darurat. "Masalah harga itu kita melihat adanya supply dan demand. Tetapi kami pastikan distribusinya baik," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Akhirnya Impor Tabung Oksigen, Pasien Covid Melonjak 352 Persen

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menjelaskan kebutuhan impor oksigen selalu ada. ”Data Badan Pusat Statistik (BPS) terjadi importasi dalam lima tahun terakhir. Indonesia mulai mengurangi ketergantungan dari impor dan berupaya mandiri," kata dia.

Anies Dirikan Posko Isi Ulang

Mengantisipasi pasokan oksgen yang kurang di sejumlah rumah sakit untuk pasien Covid-19 di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendirikan posko isi ulang tabung oksigen di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut rumah sakit yang membutuhkan oksigen atau ekstra oksigen dapat menuju posko ini. Fasilitas pengisian ini didirikan bekerjasama dengan PT Krakatau Steel di Cilegon.

Halaman
12
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas