Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dua Perusahaan Tekstil Sumbang 600 Unit Oxygen Concentrator untuk Pasien Covid-19

Berdasar data Kementerian Kesehatan, per 6 Juli 2021 kebutuhan oksigen medis meningkat hingga 2.333 ton per hari.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Dua Perusahaan Tekstil Sumbang 600 Unit Oxygen Concentrator untuk Pasien Covid-19
HANDOUT
Truk pengangkut bantuan oxygen concentrator untuk pasien Covid-19 dari PT Indo-Rama Synthetics Tbk dan PT Indorama Ventures Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian kembali menerima bantuan 600 oxygen concentrator dari dua perusahaan tekstil nasional masing-masing sebanyak 400 unit oxygen concentrator dari PT Indo-Rama Synthetics Tbk dan 200 unit dari PT Indorama Ventures Indonesia.

"Sektor industri dapat memberikan kontribusi yang besar dalam penanggulangan Covid-19 pada situasi sekarang ini. Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada perusahaan industri PT Indo-Rama Synthetics Tbk serta PT Indorama Ventures Indonesia yang telah bersedia mendonasikan peralatan oxygen concentrator," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Senin (12/7/2021).

Berdasar data Kementerian Kesehatan, per 6 Juli 2021 kebutuhan oksigen medis meningkat hingga 2.333 ton per hari. Sementara kapasitas nasional di angka 1.578 ton hari, artinya terdapat defisit sekitar 575 ton per hari.

Baca juga: Singapura Kirim Bantuan Oksigen Untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia

"Kami mendapatkan tugas mencari sumber-sumber oksigen tambahan, baik dari peningkatan kapasitas produksi maupun impor. Saat ini kami sudah mengamankan suplai sekitar 922 ton oksigen per hari, baik yang didapat dari impor maupun lokal," jelas Menperin.

Baca juga: Pasien Covid-19 Melonjak, Jawa-Bali Butuh Oksigen 2.620 Ton Per Hari, Produksi Cuma 1.400 Ton

Oxygen concentrator merupakan alat yang bisa membantu pasien Covid-19 non-ICU.

Alat tersebut dinilai efisien dalam penanganan pasien karena dapat memproduksi oksigen, serta mendistribusikan langsung pada pasien Covid-19 di lokasi perawatan.

BERITA REKOMENDASI

"Kami berterima kasih banyak untuk bantuan ini, khususnya kepada bapak Sri Prakash Lohia, Chairman Group Indorama. Bantuan oxygen concentrator ini sangat berarti karena dapat mengurangi kebutuhan akan tabung oksigen," ungkap Agus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas