Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

LPEI Genjot Ekspor Kopi Melalui Desa Devisa

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank menggenjot ekspor kopi melalui program Desa Devisa.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in LPEI Genjot Ekspor Kopi Melalui Desa Devisa
istimewa
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank menggenjot ekspor kopi melalui program Desa Devisa. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank menggenjot ekspor kopi melalui program Desa Devisa.

Kali ini, LPEI meluncurkan Desa Devisa ketiga di Indonesiadi Kabupaten Subang, Jawa Barat, sebagai upaya mendorong kemandirian petani kopi melalui rangkaian pelatihan, pendampingan serta pemanfaatan jasa konsultasi, sehingga mampu merambah pasar ekspor kopi dunia dengan produk berkualitas.

"Melalui program pelatihan selama enam bulan kedepan dapat meningkatkan kapasitas petani, sehingga kualitas biji kopinya juga dapat memenuhi kebutuhan ekspor," kata Direktur Eksekutif LPEI, D. James Rompas, Senin (12/7/2021).

Ia berharap, kolaborasi yang terjalin antara Koperasi Gunung Luhur Berkah dan Pemerintah Daerah Subang dapat menjadi salah satu solusi awal di tengah kondisi pandemi

Ketua Koperasi GLB, Miftahudin Shaf menyampaikan, masyarakat telah bertani kopi dalam jangka waktu yang panjang dan tidak pernah terbayang bahwa produknya dapat diekspor.

Baca juga: Lewat Desa Devisa, LPEI Ingin Bawa Komoditas Unggulan Lokal Mendunia

"Kami tentu berharap dengan program Desa Devisa, kopi kita dapat diekspor, terkenal hingga mancanegara dan petani dapat merasakan manfaat ekonomi dan sosial secara langsung," ucapnya.

BERITA REKOMENDASI

Selain dengan pemerintah daerah dan koperasi setempat, LPEI juga bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) dalam proses penjajakan Desa Devisa Kopi Subang.

Diketahui, para petani kopi yang jumlahnya lebih dari 200 orang dan bernaung di bawah binaan Koperasi Gunung Luhur Berkah di Subang, akan mendapatkan program pelatihan dan pendampingan selama enam bulan kedepan.

Programnya meliputi pelatihan mengenai teknik budidaya dan pengolahan kopi, perluasan akses pasar ekspor, penyusunan laporan keuangan, dan peningkatan kapasitas produksi, dan LPEI akan bekerja sama dengan
Koperasi Gunung Luhur Berkah (GLB) dalam proses pendampingan.

Baca juga: Cadangan Devisa Indonesia Turun Jadi 136,4 Miliar Dolar AS

Pendampingan akan diberikan kepada petani di enam desa yaitu Cisalak, Nagrak, Cupunagara, Darmaga, Sukakerti, dan Pasanggrahan dengan produk unggulan kopi Arabika
(Java Preanger) dan Robusta.

Penerima manfaat langsung dari program pendampingan mencapai 208 petani kopi, di mana kapasitas produksi keenam desa mencapai lebih dari 100 ton biji kopi setiap tahunnya dengan luas kebun 140 hektar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas