Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Dipakai Tenaga Kesehatan, Sandiaga Tingkatkan Keterisian Kamar Hotel 40 Persen

Sandiaga Uno mengajak PHRI untuk menyediakan tempat isolasi mandiri dan kamar istirahat bagi para tenaga kesehatan

Dipakai Tenaga Kesehatan, Sandiaga Tingkatkan Keterisian Kamar Hotel 40 Persen
ist
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk menyediakan tempat isolasi mandiri dan kamar istirahat bagi para tenaga kesehatan (nakes). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk menyediakan tempat isolasi mandiri dan kamar istirahat bagi para tenaga kesehatan (nakes).

Menurutnya, upaya ini membantu meningkatkan keterisian kamar hotel yang ditargetkan mencapai 40 persen sekaligus dapat menggerakkan perekonomian.

Baca juga: Sandiaga Beberkan Kunci Entrepreneurship pada Generasi Muda untuk Kreatif dan Buka Lapangan Kerja

“Saya mengajak para pengusaha perhotelan menjadikan hotel sebagai tempat akomodasi nakes serta menghadirkan sentra vaksinasi bisa kita coba terapkan di daerah-daerah lain, sehingga perekonomian daerah dapat kembali bergerak dan membantu tingkat keterisiannya yang mencapai 40 persen,” katanya di Jakarta, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno Gandeng Raja Dangdut Rhoma Irama Kobarkan Semangat Lawan Covid-19

Selanjutnya, terkait dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Sandiaga berharap dapat membantu para pelaku ekraf dalam mempertahankan lapangan kerja diharapkan akan segera didistribusikan dalam waktu dekat.

Pagu anggaran Rp 2,4 triliun ini akan digunakan melalui program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Bangga Buatan Indonesia (BBI), Sertifikasi CHSE bagi usaha Pariwisata, PEN Film, Dukungan Akomodasi Hotel untuk Tenaga Kesehatan, dan Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata (BPUP).

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 171 172 173 174 175 176 177 178 Buku Tematik Pembelajaran 5

“Saat ini, menurut hasil survei, COVID-19 memberikan dampak sebesar 80 persen lebih bagi para pelaku ekraf, ada yang mengurangi jumlah pekerjanya dengan PHK, dirumahkan, dan pengurangan jam kerja. Ini yang harus dibantu dengan dana PEN tapi harus dipastikan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” katanya.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, saat ini Kemenparekraf tengah menyesuaikan dan memfinalisasi skema Hibah Pariwisata menjadi menjadi BPUP.

Basis data usulan BPUP 2021 didapat dari data BPKM terkait perusahaan di sektor pariwisata yang terdaftar di Online Single Submission (OSS) dan berdasarkan data BPS jumlah tenaga kerja.

“Untuk BIP saat ini on progress tahapannya, tengah memasuki kurasi proposal. Doakan dapat segera selesai dan segera didistribusikan,” katanya.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas