Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Dirjen Minerba ke Pelaku Usaha Pertambangan: Jangan Pernah Berikan Uang ke Pejabat Pelayanan

Ridwan Djamaluddin meminta pelaku usaha sektor pertambangan tidak melakukan pratik-pratik ilegal dalam proses mendapatkan perizinan usaha.

Dirjen Minerba ke Pelaku Usaha Pertambangan: Jangan Pernah Berikan Uang ke Pejabat Pelayanan
ET EnergyWorld
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin meminta pelaku usaha sektor pertambangan tidak melakukan pratik-pratik ilegal dalam proses mendapatkan perizinan usaha.

Hal tersebut disampaikan Ridwan saat sosialisasi perizinan online minerba seiring pelaksanaan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, yang dihadiri pelaku usaha pertambangan secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Kabareskrim Selidiki Tambang di Kalsel yang Nekat Beroperasi Meski Sudah Disegel

"Ini kata kunci saya, dan jangan pernah dilupakan, karena kita dihadiri 2 ribu peserta barang kali. Saya ingin mengatakan, jangan pernah memberikan uang atau bentuk apapun kepada pejabat minerba yang melakukan kegiatan pelayanan. Itu tidak baik dan akan merusak bangsa Indonesia dalam jangka panjang," kata Ridwan.

Ridwan meminta pelaku usaha pertambangan untuk menjalankan bisnisnya sesuai ketentuan yang berlaku dan tidak melakukan praktik ilegal, atau menyuap pejabat pelayanan.

Baca juga: Sempat Diamankan dari Lokasi Pertambangan, Dua dari 5 WNA Dibebaskan Imigrasi Sukabumi

"Mohon dipahami, jika ada kesulitan berhubungan langsung ke kami. Jangan pernah gunakan orang yang mengaku sebagai perantara dengan minerba, kami melakukan semua digital online," tutur Ridwan.

Menurutnya, Ditjen Minerba akan terus meningkatkan perbaikan pelayanan publik dan membuat tata kelola yang baik, untuk memberikan nilai manfaat sebanyak mungkin kepada negara.

"Jangan sampai negara dirugikan, dalam arti ada pratik-praktik yang tidak sesuai ketentuan. Sehingga penerimaan negara kurang dan penerimaan-perimaan lain," papar Ridwan.

"Bagi daerah, agar daerah juga bisa menerima manfaat sesuai ketentuan. Bagi masyarakat luas, agar publik bisa mendapat lapangan pekerjaan, sehingga dapat memperbaiki tata kehidupan, dan serta bagi badan usaha," sambung Ridwan.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas