Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bursa Capres

Maju Nyapres di 2024, Pengamat: Airlangga Harus Punya Wakil Berpengalaman di Birokrasi

Airlangga Hartaro harus memilih wakil yang memiliki pengalaman birokrasi yang teruji dari tingkat bawah jika dia maju di Pilpres 2024.

Maju Nyapres di 2024, Pengamat: Airlangga Harus Punya Wakil Berpengalaman di Birokrasi
dok. KPCPEN
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Indaru Setyo Nurprojo, mengatakan untuk bisa bersaing dalam Pilpres 2024, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto harus memilih pasangan calon wakil presiden (Cawapres) yang tepat.

Indaru berujar, Airlangga Hartaro harus memilih wakil yang memiliki pengalaman birokrasi yang teruji dari tingkat bawah.

"Selain memiliki pengalaman dalam pemerintahan dari tingkat bawah, calon wakil presiden yang akan mendampinginya harus mampu mengangkat elektabilitas Airlangga," ujarnya, saat dikonfirmasi, Jumat (30/7/2021).

Ia menyebut, pendamping Airlangga juga harus mengakar di masyarakat. Misalnya, seorang kepala daerah di Pulau Jawa, dinilai sangat tepat untuk mendampingi Airlangga.

Partai Golkar dinilai memiliki modal bagus untuk mengajukan calon presiden sendiri. Sebab, kader Partai Golkar di tingkat daerah, bisa menjadi alat untuk ikut mengangkat elektabilitas Airlangga.

Baca juga: Golkar Pangandaran Sosialisasikan Airlangga Hartarto Sebagai Capres 2024

"Namun, itu belum cukup. Harus diikuti sejumlah terobosan. Termasuk memilih wakil yang tepat," ujarnya.

Baca juga: Respons PKS Sikapi Hasil Survei Voxpol Center: Jadi Modal Capreskan Salim Segaf Al Jufri

Airlangga bisa menjadi tokoh alternatif untuk menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Meskipun saat ini, berdasarkan beberapa survei, popularitas dan elektabilitas Menko Perekonomian itu relatif masih rendah.

Baca juga: Survei Pakar Sebut Anies Baswedan Capres dengan Integritas Tertinggi

"Perlu banyak sentuhan dan strategi dalam mengenalkan Airlangga ke masyarakat. Ada banyak faktor yang bisa mendongkrak elektabilitasnya. Salah satunya dengan menggandeng kepala daerah," ujarnya.

Sejumlah kepala daerah yang memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi berdasarkan survei antara lain; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas