Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menkeu Sri Mulyani Khawatir Masyarakat Diganti Robot dan Kehilangan Pekerjaan

Kementerian Keuangan menyatakan sebelum terjadi pandemi, seluruh dunia fokusnya adalah ke ekonomi, teknologi, dan transformasi digital.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
zoom-in Menkeu Sri Mulyani Khawatir Masyarakat Diganti Robot dan Kehilangan Pekerjaan
ist
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dirinya khawatir adanya pandemi membuat perkembangan digital makin pesat, sehingga pekerjaan masyarakat bisa saja digantikan robot. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan menyatakan sebelum terjadi pandemi, seluruh dunia fokusnya adalah ke ekonomi, teknologi, dan transformasi digital.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dirinya khawatir adanya pandemi membuat perkembangan digital makin pesat, sehingga pekerjaan masyarakat bisa saja digantikan robot.

Baca juga: Bedah Enam Fitur Utama Reno6 Series 5G untuk Push Rank dan Tanding di Turnamen Esports

"Karena nanti masyarakat diganti robot dan kehilangan pekerjaan. Bagaimana kita harus menghidupinya? Sebuah pemikiran yang sudah lompat jauh," ujarnya dalam webinar, Rabu (4/8/2021).

Sri Mulyani menjelaskan, bahkan di negara-negara maju sudah mencanangkan peralihan tenaga kerja dari manusia ke robot.

Baca juga: Tips Fashion untuk Menutupi Perut Buncit, Permainan Warna hingga Pakai Outer

"Bagaimana kita khawatir labour atau tenaga kerja digantikan oleh robot dan di negara-negara maju mulai berpikir mengenai minimum income right," katanya.

Kendati demikian, eks direktur pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, sekarang dalam kondisi pandemi, kita tidak lepas juga bahwa digital teknologi merupakan satu di antara solusi.

BERITA TERKAIT

"Digital teknologi ikut mengurangi dampak hebat dari akibat pandemi ini. Oleh karena itu, bantuan sosial atau jaminan sosial harus di re-desain," pungkas Sri Mulyani.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas