Tribun Bisnis

Himbara Sebut Pentingnya Sinergi Jaga Momentum Pemulihan Ekonomi

Momentum pemulihan ekonomi juga disambut baik oleh Himbara, keberhasilan ini berkat sinergi dari seluruh pihak yang terlibat.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Himbara Sebut Pentingnya Sinergi Jaga Momentum Pemulihan Ekonomi
Bank BRI
Ketua Himbara sekaligus Direktur Utama BRI Sunarso. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi di triwulan II 2021 terus menunjukkan adanya perbaikan.

Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode tersebut pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7,07 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Momentum pemulihan ekonomi ini juga disambut baik oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Ketua Himbara sekaligus Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI), Sunarso mengungkapkan, keberhasilan ini adalah berkat sinergi dari seluruh pihak yang terlibat.

Baca juga: Menteri BUMN: Himbara Siapkan 8 Klaster Kredit Usaha Rakyat

“Pertumbuhan GDP growth 7,07  ini merupakan keberhasilan kolaborasi dan orkestrasi kebijakan yang sangat baik, terutama yang awalnya kita rasakan bahwa pasarnya terdampak oleh pandemi dan tidak berjalan normal sehingga kita harapkan pemerintah turun tangan melalui berbagai kebijakan dan stimulus,” ujar Sunarso dalam keterangannya, Minggu (8/8/2021).

“Stimulus yang dirasakan oleh Himbara yakni government investment, government spending dan government guarantee yang menurut saya pengaruhnya sangat signifikan terhadap pemulihan ekonomi nasional,” sambungnya.

Untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional, Sunarso melanjutkan, Himbara sendiri akan terus menyalurkan kredit serta menyalurkan berbagai bantuan sosial dan berbagai stimulus dari pemerintah.

“Dimana dalam penyaluran stimulus, Himbara memiliki peran yang sangat besar. Komponen keberhasilan stimulus di antaranya yakni anggaran, data, sistem dan komunikasi kepada publik,” imbuhnya.

Baca juga: Komisi VI Apresiasi Pembatalan Biaya Transaksi ATM Link Himbara

Sunarso juga menambahkan, untuk menumbuhkan bisnis khususnya BRI, akan tetap fokus di UMKM.

“Strateginya kami akan mencari di dua area. Pertama, (nasabah) yang eksisting kami naik kelas-kan. Kedua, kami cari sumber pertumbuhan baru yaitu mencari (nasabah) yang lebih kecil dari mikro,” ucap Sunarso.

Sementara itu Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan, pihaknya bersama-sama dengan bank Himbara lainnya tetap berkomitmen untuk mendukung kebijakan Pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Yakni dengan turut membantu dunia usaha dalam menghadapi kesulitan di masa pandemi ini.

Baca juga: BRI Targetkan Portofolio Kredit UMKM Tembus 85 Persen pada 2025

Tidak hanya itu, Bank Mandiri sejak awal pandemi pun telah berkomitmen untuk menyediakan layanan keuangan digital yang terintegrasi baik itu untuk masyarakat retail maupun wholesale.

Darmawan berharap, strategi ini dapat turut menjadi katalis pemulihan ekonomi Indonesia ke depan.

"Keberlanjutan pertumbuhan di 2021 akan terus meningkat, artinya optimisme semakin kuat. Kami akan terus sinergikan strategi untuk mendukung pertumbuhan di Semester II 2021 dan tahun depan,” pungkas Darmawan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas