Tribun Bisnis

Virus Corona

PT Taspen Serahkan 4 Unit Mobil Ambulans kepada BP2MI, untuk Layanan Kesehatan Pekerja Migran

Bantuan ambulans dilakukan sebagai upaya pemerintah bersama BP2MI dalam menjamin keselamatan para pekerja migran yang bekerja di luar negeri.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dewi Agustina
zoom-in PT Taspen Serahkan 4 Unit Mobil Ambulans kepada BP2MI, untuk Layanan Kesehatan Pekerja Migran
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Penyerahan 4 Unit Mobil Ambulans tahap 1 dari PT Taspen ke BP2MI yang dihadiri langsung Menteri BUMN Erick Thohir, Senin (23/8/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Perlindungan Pekerja Migran (BP2MI) mendapatkan bantuan mobil ambulans tahap 1 dari Kementerian BUMN melalui PT Taspen (Persero) untuk menunjang fasilitas kesehatan para pekerja migran Indonesia maupun keluarganya.

Penyerahan mobil ambulans tersebut diselenggarakan pada Senin (23/8/2021) siang, langsung dari kantor BP2MI Pusat, Jakarta Selatan.

Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir langsung dalam penyerahan mobil ambulans tersebut mengatakan, ini dilakukan sebagai upaya pemerintah bersama BP2MI dalam menjamin keselamatan para pekerja migran yang bekerja di luar negeri.

"Memang sesuai dengan instruksi bapak Presiden bahwa penting sekali kita harus menjaga pekerja migran dari ujung rambut sampai ujung kaki," ucap Erick dalam acara penyerahan mobil ambulans dari PT Taspen ke BP2MI, Senin (23/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut Erick juga menyatakan, penyerahan ambulans ini dirasa penting mengingat saat ini ancaman penyebaran virus Covid-19 masih melanda di berbagai negara.

Hal tersebut tidak menutup kemungkinan juga bakal mengancam kesehatan para pekerja migran yang bekerja di negara-negara penempatan.

Baca juga: Pemerintah Pulangkan 129 Pekerja Migran Indonesia dan Awak Kapal yang Terlantar di Taiwan

"Tentu hari ini sangat amat penting, dengan kondisi covid-19 ini kami mencoba mendukung program yang ada bagaimana melayani fasilitas kesehatan," ucapnya.

Di sisi lain, Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengapresiasi langkah dari Kementerian BUMN melalui PT Taspen dalam penyerahan mobil ambulans tersebut.

Total ada empat unit mobil ambulans pada tahap 1 ini yang diserahkan secara simbolis oleh PT Taspen ke BP2MI untuk UPT Wilayah Pusat, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Terima kasih ini mewakili 4,2 juta PMI yang tercatat resmi dan juga tentu 5 juta pekerja migran yang tidak tercatat yang juga pasti tetap mendapatkan perlakuan yang sama jika ada PMI dan keluarga yang meninggal maupun yang sakit," ucap Benny.

Kendati untuk satu unit ambulans yang diserahkan untuk UPT Wilayah Pusat kata Benny, unit tersebut sudah beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Hal tersebut kata dia mengingat tingginya angka pekerja migran yang sakit bahkan meninggal dunia yang tiba dari negara penempatan.

"Ya kita sudah distribusikan ambulans satu BP2MI pusat karena memang pintu masuk bandara soetta angkanya sangat tinggi baik jenazah maupun yang sakit," imbuhnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas