Tribun Bisnis

Pakai Teknologi 3D Trasar, Chandra Asri Hemat 350 Juta Liter Air Per Tahun

Chandra Asri bisa menghemat ini tidak lepas dari penggunaan teknologi khusus dari anak perusahaan Ecolab, yakni Nalco Water, bernama 3D TRASAR

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Pakai Teknologi 3D Trasar, Chandra Asri Hemat 350 Juta Liter Air Per Tahun
Istimewa
Penggunaan teknologi 3D Trasar membuat perusahaan petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia, Chandra Asri, berhasil menghemat penggunaan air di operasional produksi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasiolan Eko P

TRIBUNNEWS.COM - Penggunaan teknologi 3D Trasar membuat perusahaan petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia, Chandra Asri berhasil menghemat penggunaan air di operasional produksi.

Tak tanggung-tanggung, dilaporkan sebanyak 350 juta liter air dihemat setiap tahun di pabrik Chandra Asri.

Keberhasilan Chandra Asri melakukan penghematan ini tidak lepas dari penggunaan sebuah teknologi khusus dari anak perusahaan Ecolab, yakni Nalco Water, bernama 3D TRASAR.

Teknologi 3D TRASAR sendiri mulai digunakan di perusahaan Chandra Asri sejak beberapa tahun yang lalu.

Tepatnya di tahun 2015, perusahaan yang berlokasi di Cilegon Banten tersebut resmi bekerja sama dengan Nalco Water dalam hal penggunaan teknologi 3D TRASAR tersebut.

Baca juga: Merger Perusahaan Transportasi dan E-Commerce Ini Hadirkan Solusi Bisnis UMKM Indonesia

Kini setelah hampir 5 tahun berlalu, Chandra Asri mengumumkan bahwa penggunaan teknologi tersebut sukses membantu penghematan konsumsi air di operasional produksi.

Dengan keberhasilan ini, Allan Yong selaku Senior Vice President dan Market Head Ecolab, Asia Tenggara berharap dapat menginspirasi perusahaan lain dan melihat bagaimana Ecolab dapat membantu pelanggan menggunakan air secara lebih efisien.

Lalu, seperti apa teknologi 3D TRASAR itu?

Teknologi 3D TRASAR yang merupakan kepanjangan dari 3D TRASAR cooling water technology adalah teknologi pemantauan jarak jauh secara digital.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, pemantauan ini berguna untuk menghemat penggunaan air di operasional produksi.

Di perusahaan Chandra Asri, teknologi 3D TRASAR dipasang ke fasilitas menara pendingin dan sistem dilution steam generation.

Baca juga: Chandra Asri Sukses Kembangkan Resin PP Kopolimer untuk Kebutuhan Bumper Kendaraan

Fungsinya adalah untuk mengelola kualitas air sesuai dengan standar yang diinginkan.

Lebih lanjut, di menara pendingin, teknologi ini terus memastikan adanya konsentrasi siklus yang tepat untuk mencapai penggunaan air yang optimal.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas