Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Menperin Dorong Industri Pengolahan Rumput Laut Masuk Daftar Prioritas Investasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing industri pengolahan rumput laut di Tanah Air.

Menperin Dorong Industri Pengolahan Rumput Laut Masuk Daftar Prioritas Investasi
TRIBUNNEWS.COM/
Budidaya rumput laut di kawasan Nusa Penida, Bali. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri pengolahan rumput laut di Indonesia memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan, sebab memiliki ketersediaan cukup besar dan mampu menggerakkan sektor ekonomi di wilayah pesisir.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan Kementerian Perindustrian terus mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing industri pengolahan rumput laut di Tanah Air.

"Selain dibutuhkan berbagai kebijakan strategis, juga perlu koordinasi yang kuat dengan kementerian dan lembaga terkait untuk mencapai sasaran tersebut," tutur Agus Senin (30/8/2021).  

Dalam upaya pengembangan industri pengolahan rumput laut, Menperin telah menginisiasi sektor ini untuk masuk dalam daftar prioritas investasi.

Baca juga: Punya Segudang Manfaat, Rumput Laut Ternyata Dapat Turunkan Berat Badan

"Nantinya, investasi baru harus memiliki kemitraan dengan pembudidaya rumput laut sehingga dapat meningkatkan jaminan suplai bahan baku bagi industrinya," ungkap Agus.

Baca juga: Kapasitas Produksi dan Kelangkaan Kontainer Jadi Kendala Ekspor Produk UMKM

Kemenperin juga terus mendorong pengoptimalan penggunaan produk olahan rumput laut dalam negeri bagi industri penggunanya. Hal ini untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk impor. 

"Meningkatkan hilirisasi komoditas rumput laut melalui diversifikasi produk olahan rumput laut, serta mendorong kerja sama riset dan pengembangan produk olahan rumput laut dengan lembaga riset dalam dan luar negeri," imbuhnya.

Menperin optimistis, kebijakan hilirisasi industri rumput laut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir terutama bagi nelayan budidaya dan petani rumput laut.

Bahkan, industri berbasis agro ini dapat memberikan kontribusi signfikan bagi perekonomian nasional, seperti dari hasil capaian ekspornya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas