Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Transformasi Digital Dinilai Skema Terbaik Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

transformasi digital menjadi skema terbaik dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Transformasi Digital Dinilai Skema Terbaik Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional
dok. Grant Thornton Indonesia
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - CEO/Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan transformasi digital menjadi skema terbaik dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi.

"Pelaku usaha diharapkan bisa beradaptasi secara cepat dengan permintaan pasar digital,” kata Johanna dalam keterangannya, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Kebocoran Data Ancam Pertumbuhan Ekonomi Digital

Menurutnya, pemerintah memiliki pekerjaan rumah untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi guna mewujudkan ketersediaan jaringan yang merata di seluruh pelosok tanah air.

"Tidak hanya itu, sumber daya manusia dengan keterampilan di bidang IT juga akan menjadi faktor mendasar (fundamental) yang tentunya akan mempercepat proses transformasi digital," tukasnya.

Baca juga: Dokumen yang Diperlukan untuk Membuat Kartu Nikah Digital, Ini Cara Mendapatkannya

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia telah memukul banyak industri namun lain halnya dengan industri telekomunikasi Indonesia yang justru mengalami pertumbuhan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), sektor telekomunikasi (Infokom) mengalami pertumbuhan sebesar 10,9 persen pada kuartal II 2020, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya kuartal II 2019.

BERITA TERKAIT

"Meski adanya penurunan tajam dalam aktivitas ekonomi secara global akibat pandemi, namun dengan adanya peningkatan kebutuhan teknologi dan komunikasi bisnis yang lebih baik juga terbukti telah mendorong permintaan terhadap industri telekomunikasi secara global," ucap Johanna.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas