Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Transformasi Digital Dinilai Skema Terbaik Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

transformasi digital menjadi skema terbaik dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi.

Transformasi Digital Dinilai Skema Terbaik Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional
dok. Grant Thornton Indonesia
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - CEO/Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan transformasi digital menjadi skema terbaik dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi.

"Pelaku usaha diharapkan bisa beradaptasi secara cepat dengan permintaan pasar digital,” kata Johanna dalam keterangannya, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Kebocoran Data Ancam Pertumbuhan Ekonomi Digital

Menurutnya, pemerintah memiliki pekerjaan rumah untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi guna mewujudkan ketersediaan jaringan yang merata di seluruh pelosok tanah air.

"Tidak hanya itu, sumber daya manusia dengan keterampilan di bidang IT juga akan menjadi faktor mendasar (fundamental) yang tentunya akan mempercepat proses transformasi digital," tukasnya.

Baca juga: Dokumen yang Diperlukan untuk Membuat Kartu Nikah Digital, Ini Cara Mendapatkannya

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia telah memukul banyak industri namun lain halnya dengan industri telekomunikasi Indonesia yang justru mengalami pertumbuhan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), sektor telekomunikasi (Infokom) mengalami pertumbuhan sebesar 10,9 persen pada kuartal II 2020, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya kuartal II 2019.

"Meski adanya penurunan tajam dalam aktivitas ekonomi secara global akibat pandemi, namun dengan adanya peningkatan kebutuhan teknologi dan komunikasi bisnis yang lebih baik juga terbukti telah mendorong permintaan terhadap industri telekomunikasi secara global," ucap Johanna.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas