Tribun Bisnis

Jepang Dukung Penuh Optimasi Pelabuhan Patimban

Pemerintah Jepang juga menyatakan dukungannya mencari peluang untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Jepang Dukung Penuh Optimasi Pelabuhan Patimban
dok. Kemenhub
Kapal Patroli KPLP mengawal MV. Suzuka Express yang berlabuh di Pelabuhan Patimban, Senin (21/12/2020) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pemerintah Jepang mendukung optimalisasi operasional Pelabuhan Patimban.

Menurutnya, dukungan Pemerintah Jepang terhadap operasional Pelabuhan Patimban ditunjukan dengan mengajak para perusahaan industri otomotif dan operator asal Jepang untuk memanfaatkan Pelabuhan Patimban.

"Selain itu, dukungan juga dilakukan Pemerintah Jepang dengan mendorong pihak Konsorsium agar segera menyelesaikan kesepakatan membentuk joint venture," ucap Budi Karya dalam konferensi pers virtual, Selasa (7/9/2021).

Ia mengungkapkan, bahwa hal ini menjadi bentuk dukungan terhadap operasional Pelabuhan Patimban sebagai bagian dari ekosistem industri otomotif di Indonesia.

Baca juga: Begini Aktivitas Bongkar Muat Kendaraan di Pelabuhan Patimban, Jabar

"Pemerintah Jepang juga menyatakan dukungannya mencari peluang untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), dengan melibatkan lebih banyak perusahaan Indonesia pada proyek Pembangunan Pelabuhan Patimban tahap 1 dan 2," kata Budi Karya.

Baca juga: Pelabuhan Patimban Resmi Dikelola PT Pelabuhan Patimban Internasional dengan Skema KPBU

Selain itu Budi Karya Sumadi juga mengungkapkan, bahwa investasi yang ditanamkan oleh Jepang di Indonesia memberikan nilai tambah antara dua negara.

Dengan penanaman investasi dari Jepang di Indonesia telah membuka banyak lapangan kerja melalui pembangunan proyek infrastruktur yang dilakukan.

Baca juga: Akan Dikelola Swasta, Dwelling Time di Pelabuhan Patimban Ditargetkan Kurang dari 2 Hari

Budi Karya Sendiri melakukan kunjungan kerja ke Jepang, dan dalam kunjungan kerjanya melakukan pembahasan dengan pihak pemerintah dan juga swasta terkait pembangunan infrastruktur transportasi.

"Beberapa yang kami jabarkan, yaitu mengenai pembangunan Pelabuhan Ambon di bagian Timur Indonesia, Pelabuhan Palembang, Pelabuhan Natuna yang akan menjadi pusat industri perikanan yang dikolaborasikan dengan hasil pertanian," kata Budi Karya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas