Tribun Bisnis

Ide Kreatif Sebagai Peran Kunci Dalam Mengembangkan Bisnis UMKM

Ide kreatif juga bisa membuat usaha yang sedang dirintis mampu bersaing di tengah persaingan pasar yang begitu ketat.

Admin: Sponsored Content
Ide Kreatif Sebagai Peran Kunci Dalam Mengembangkan Bisnis UMKM
Istimewa
Owner Swarga Flower Tea Nita Rochimah saat di Brilian The Series episode 9. 

TRIBUNNEWS.COM - Mengandalkan ketekunan dan kegigihan saja tidak cukup untuk mengembangkan usaha yang sedang dirintis. Para pelaku UMKM juga perlu mengimbangi diri dengan kreatifitas agar bisa memunculkan inovasi baru sehingga usaha yang sedang dirintis dapat terus berkembang.

“Seorang kreator itu akan melahirkan ide serta gagasan kreatif, dan itu tidak akan pernah berhenti,” kata Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari.

Supari yakin, kreatifitas para pelaku usaha tidak hanya mampu mengembangkan bisnis mereka. Namun, ide kreatif juga bisa membuat usaha yang sedang dirintis mampu bersaing di tengah persaingan pasar yang begitu ketat.

Senada dengan itu, owner Swarga Flower Tea, Nita Rochimah juga mengatakan kreatifitas sangat membantunya dalam mengembangkan bisnisnya.

Dalam mengembangkan bisnisnya, ia tidak hanya menghadirkan teh dengan warna coklat seperti pada umumnya. Namun Nita sukses mengembangkan teh dengan aneka warna dari berbagai bunga salah satunya Telang.

“Selalu berinovasi adalah kunci untuk mempertahan roda bisnis,” kata Nita.

Kreatifitias tidak hanya memberikan efek positif terhadap bisnisnya saja. Namun juga memberikan efek domino yang positif terhadap para petani yang menanam tamanan Telang.

“UMKM tumbuh membantu dan memperbaiki perekonomian petani. Saya juga mempunyai visi misi untuk membantu meningkatkan perekonomian petani,” jelas Nita.

Ia mengatakan, saat awal merintis Swarga Flower Tea hanya ada satu kepala keluarga saja yang menanam bunga Telang. Seiring berjalannya waktu, sudah ada 14 kepala keluarga petani yang tergabung dalam ekosistem Swarga Flower Tea.

Nita menambahkan, selain kreatifitas, bisnisnya juga begitu terbuka untuk berkolaborasi dengan pelaku UMKM lainnya. Ia yakin, dengan kolaborasi maka roda bisnis akan berputar lebih cepat dan semakin kuat.

“Kuncinya kolaborasi dengan UMKM lain menjadi lebih kuat,” ujar Nita.

Harus sama-sama untung

Ketua Kelompok Tani Regge Generation, Dede Koeswara (pakai topi) saat
Ketua Kelompok Tani Regge Generation, Dede Koeswara (pakai topi) saat di Brilian The Series episode 9. (ISTIMEWA)

Sejalan dengan Nita, seorang Ketua Kelompok Tani Regge Generation, Dede Koeswara mengatakan, dalam menjalankan usaha tidak boleh untung sendiri. Semua pihak yang tergabung dalam suatu ekosistem harus juga merasakan untung.

 Seorang petani muda ini menjelaskan, dalam bisnis sayur mayur ada sebuah ekosistem yang mesti dijaga yakni petani, pengepul, dan pedagang. Ketiganya mesti harus mendapatkan untung agar ekosistem tersebut dapat terjaga.

“Dari petani ke pasar, saya mulai menerapkan pola mata rantai,” kata pria yang akrab disapa Kang Dede.

Sebagai Ketua Kelompok Tani, Kang Dede mengatakan ide kreatif itu mesti dimiliki agar kesejahteraan petani, pengepul, dan pedagang terjaga.

“Saya tidak mau untung sendiri tapi harus bersama-sama. Prinsip ideal bisnis harus saling menguntungkan semua pihak,” ujar Kang Dede.

Kang Dede menambahkan, salah satu contoh ide kreatif yang dijalankan dalam ekosistem tersebut yakni dengan membuat sistem “Simpan Kas”.

Sistem ini berfungsi untuk menolong para petani ketika harga hasil pertanian mereka sedang anjlok.

“Kami juga ada sistem simpan kas, bila harga naik atau turun di bawah rata-rata maka bisa dibuat untuk menstabilkan harga,” kata Kang Dede.

Selain itu, Kang Dede juga mengatakan, agar para petani naik kelas, mereka tidak bisa secara terus menerus mengandalkan sistem kerja masa lalu. Mereka perlu beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi agar mampu meningkatkan produksi mereka.

“Banyak manfaat yang saya rasakan ketika memanfaatkan teknologi,” kata Kang Dede.

Berkat beragam ide kreatif tersebut, Regge Regeneration mampu men-supply sayur mayur ke berbagai pasar di Jawa Barat hingga Tangerang.

Perjalanan Kang Dede dan Nita di atas hanya sepenggal kisah inspiratif mereka dalam mengembangkan bisnis melalui ide-ide kreatif. Masih ada kisah inspiratif lainnya dari kedua tokoh tersebut yang dapat disaksikan di Petualangan Brilian The Series Episode 9 di Kompas TV dan kanal YouTube Bank BRI.

Petualangan Brilian The Series merupakan program yang mengangkat kisah-kisah inspiratif dari para penggiat UMKM.

Lewat Petualangan Brilian The Series, Bank BRI melalui para Mantri BRI ingin membagikan kisah-kisah inspiratif para pelaku pemberdaya usaha mikro dan ekonomi berbasis kerakyatan yang menjadi garda terdepan penjaga perekonomian bangsa.

Dengan Brilian The Series diharapkan mampu mendorong pelaku UMKM lainnya untuk terus berinovasi dan berkembang.   

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas