Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Manfaatkan Peluang Perubahan, Wamendag Ajak Milenial Miliki Jiwa Entrepreneur

Generasi milenial dan Gen Z diajak memiliki jiwa sebagai wirausaha untuk menyambut banyak peluang di depan mata.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebut generasi milenial dan Gen Z harus memiliki jiwa sebagai wirausaha atau entrepreneur. 

"Perubahan terjadi cepat sekali, pasti akan memunculkan tantangan-tantangan baru, dan setiap tantangan pasti akan menciptakan peluang baru juga. Hanya milenial yang berjiwa entrepreneur yang bisa melihat dan memanfaatkan peluang itu," ujar Jerry, Jumat (17/9/2021).

Pekerjaan yang dulunya menggunakan tenaga manusia, tetapi saat ini sudah banyak diganti dengan mesin maupun robot dan teknologi informasi semakin terintegrasi kehidupan manusia. 

Kondisi tersebut dinilainya menuntut perubahan paradigma dan pola pikir manusia agar bersikap sesuai dengan keadaan yang ada. 

Baca juga: Dorong Tumbuhnya Entrepreneur Digital Baru Lewat Aplikasi B2B Grosiraja

"Saya sudah berkeliling Indonesia, dari situ saya temukan jiwa dan semangat entrepreneur anak muda luar biasa. Ada yang berkecimpung di dunia teknologi, entertainment hingga pertanian, perkebunan, kemaritiman dan lain-lain," papar Jerry.

Baca juga: Airlangga Resmikan Gedung Inkubasi Wirausaha UMKM di UMJ

Menurutnya, besarnya jiwa entrepreneur anak muda akan menguntungkan Indonesia, karena dari sisi perdagangan sudah banyak anak muda yang menjadi pelaku usaha hingga eksportir. 

Baca juga: Usung Konsep B2B, Marketplace Ralali Ajak Berwirausaha Lewat Bisnis MRO Sampai Horeca

BERITA TERKAIT

Bahkan, tidak sedikit dari anak muda menciptakanproduk-produk baru yang belum ada sebelumnya di Indonesia.

"Termasuk di bidang teknologi informasi dan digital. Mereka banyak yang bikin aplikasi, alat simulasi hingga game online dan bahkan kripto," ucapnya. 

Ia menyebut, kreativitas tersebut akan berdampak terhadap dua hal, yaitu meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia, dan mendorong transformasi ekonomi Indonesia.

"Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yaitu menuju ekonomi dan industri 4.0 atau bahkan 5.0. Ternyata yang ada di garda depannya anak muda," tutur Jerry.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas