Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kadin: Perang Dunia Sekarang dari Sisi Ekonomi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengungkapkan perang dunia sudah beralih fokus ke sisi perekonomian dengan adanya krisis akibat pandemi.

Editor: Sanusi
zoom-in Kadin: Perang Dunia Sekarang dari Sisi Ekonomi
ist
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengungkapkan perang dunia sudah beralih fokus ke sisi perekonomian dengan adanya krisis akibat pandemi.

"Indonesia atau dunia ini sedang menghadapi perang dunia, perang dunianya adalah apa? Krisis Ekonomi," ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjiddalam webinar "Peluang Penerapan Carbon Pricing di Indonesia dan Tantangan BUMN Kita", Senin (20/9/2021).

Baca juga: Kadin: Perpanjangan Diskon PPnBM DTP Bisa Dongkrak Ekspor

Arsjad menjelaskan, perjuangan dari warga negara meski tidak lagi menggunakan persenjataan, tetap sama yakni adanya persatuan.

"Bisa kita katakan bahwa 1945 kita memenangkan kemerdekaan kita, bisa menang dengan hanya bambu runcing. Kita bisa memenangkan dengan persatuan dan kesatuan," katanya.

Baca juga: Kadin Optimistis RI Bakal Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik Terbesar di Dunia

Menurutnya, hal ini harus dilihat sebagai tantangan dan peluang, bagaimana Indonesia bisa memenangkan daripada perang ekonomi.

"Pada saat ini karena bukan lagi bedal-bedil atau tembak-menembak dan terjadinya adalah peperangan ekonomi. Apalagi dengan pandemi pada saat ini di mana terjadi reset ekonomi dunia, dari sinilah pentingnya bagaimana mengantisipasi, salah satunya dengan namanya carbon pricing yang ada di dunia saat ini," pungkas Arsjad.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas