Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kenaikan Harga Batubara Dongkrak Profit Batulicin Nusantara Maritim

Emiten jasa transportasi PT. Batulicin Nusantara Maritim Tbk (BESS) meraup profit dari tingkat arus logistik batubara.

Kenaikan Harga Batubara Dongkrak Profit Batulicin Nusantara Maritim
istimewa
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Emiten jasa transportasi PT. Batulicin Nusantara Maritim Tbk (BESS) meraup profit dari tingkat arus logistik batubara.

Direktur utama BESS Yuliana menyampaika di awal September nilai saham perseroan sempat mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Tercatat akhir Agustus perusahaan berada pada posisi Rp 760,00 dan turun menjadi Rp 690,00 di tanggal 3 September.

"Dari kami sendiri hal tersebut dapat dimaklumi karena harga batubara terus menggila dan para investor pun langsung mengambil keuntungan tersebut," ujar Yuliana pada selasa (21/9/2021).

Selain itu, mengapa banyak dari mereka melakukan profit taking yaitu disebabkan kekhawatiran adanya penurunan demand batubara ini akibat upaya Amerika Serikat (AS) dan Eropa untuk mencari alternatif energi baru yang ramah lingkungan.

Baca juga: Naik Lagi, Harga Batubara Acuan September 2021 Tembus 150,03 Dolar AS per Ton

Yuliana yakin, bahwa hal tersebut di saat ini tidak menjadi ancaman yang serius bagi batubara sebagai primadona di sektor energi di Indonesia.

"Selama lima hari terakhir ini saja, harga saham PT. BNM mengalami pergerakan fluktuatif yang naik akibat produksi batubara yang kembali meningkat akibat dari permintaan yang kembali meningkat dan harga batubara kembali naik. Kegiatan transportasi angkutan batubara PT. BNM ikutan naik," kata Yuliana.

Yuliana mengungkapkan bahwa potensi harga batu bara akan kembali naik dikarenakan perekonomian China yang semakin membaik, melihat negara tirai bambu tersebut merupakan konsumen batubara terbesar di dunia.

Baca juga: Sederet Program Pemerintah Terkait Hilirisasi Batubara

"PT. BNM optimis komoditi batubara tidak akan berada pada posisi yang down, apalagi sebentar lagi sebagian besar negara di dunia belahan Utara akan menghadapi musim dingin," kata Yuliana.

Yuliana mengatakan bisa jadi batubara akan berada level tertinggi dalam lima tahun terakhir dan itu bisa ditembus di tahun ini.

Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas