Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Erma: Digitalisasi Menjadi Kebutuhan UMKM Hadapi Situasi Pandemi

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang mengalami pukulan berat menghadapi situasi Pandemi.

Erma: Digitalisasi Menjadi Kebutuhan UMKM Hadapi Situasi Pandemi
Ist
Anggota Komisi VI DPR RI, Siti Mukaromah, mengunjungi beberapa UMKM di Tegal dan Banyumas, Minggu (26/9/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, BANYUMAS – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang mengalami pukulan berat menghadapi situasi Pandemi.

Dalam situasi tersebut, digitalisasi merupakan salah satu kebutuhan UMKM.

“Digitalisasi merupakan salah satu solusi mengatasi pemasaran produk, memunculkan permintaan pasar dan mendekati konsumen,” kata Anggota Komisi VI DPR RI, Siti Mukaromah, dalam kunjungan ke beberapa UMKM di Tegal dan Banyumas, Minggu (26/9/2021).

Pembatasan kontak fisik dan masih adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada sejumlah daerah menurut Erma dapat teratasi dengan teknologi e-commerce.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menambahkan bahwa bahwa Kementerian mendorong kemitraan industri besar dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga: Pelaku Usaha Berharap Menko Perekonomian Bantu UMKM Bangkit 

Konsep kemitraan ini, tidak hanya mencakup bagaimana UMKM menjadi pemasok industri besar tapi juga proses transfer knowledge dan mindset business, dan sebagainya.

“Mereka yang memilih di sektor UMKM adalah mereka yang tidak diterima di sektor formal. Namun, ketika membuat usaha mandiri, lalu tidak dilakukan dengan perencanaan yang baik maka hasilnya tidak akan maksimal. Sehingga harus memulainya by design,” papar Teten Masduki.

Kemitraan antara industri besar dan UMKM, menurutnya, tidak hanya mengatasi permasalahan pemasaran produk tapi juga menjadi proses dari transfer knowledge, dan mindset business.

“Kalau permasalahan di daerah adalah tenaga kerja, maka sektor ini akan mampu menjawab bagaimana UMKM menyerap tenaga kerja,” kata Teten menambahkan.

Tonjolkan Kekhasan dan Potensi Daerah

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas