Tribun Bisnis

Studi Kelayakan Jalur Kereta Menuju Candi Borobudur Rampung Tahun Ini

t studi kelayakan jalur kereta menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, akan rampung tahun ini. 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
Studi Kelayakan Jalur Kereta Menuju Candi Borobudur Rampung Tahun Ini
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Wisatawan mengunjungi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/3/2021). Tribun Jateng/Hermawan Handaka 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyebut studi kelayakan jalur kereta menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, akan rampung tahun ini. 

Direktur Niaga PT KAI (Persero) Dadan Rudiansyah mengatakan, pengembangan jaringan KA menuju KSPN Borobudur merupakan bagian utuh Trans Jawa, di mana trase ini menjadi alternatif pergerakan utara - selatan Jawa dari Semarang - Yogyakarta. 

"Telah dilakukan studi kelayakan ulang dari tahun 2020 sampai 2021. Akhir tahun ini, studi selesai," ujar Dadan secara virtual, Selasa (5/10/2021).

Menurutnya, studi kelayakan pernah dilakukan pada 2018, tetapi hasilnya berbenturan dengan jalan tol dengan tujuan ke arah Borobudur. 

Baca juga: Mulai Oktober, Naik Pesawat dan Kereta Api Tidak Perlu Pedulilindungi

"Jadi yang menuju Borobudur nanti ada dua, kereta api dan jalan tol," ucap Dadan. 

Setelah proses studi kelayakan selesai, kata Dadan, pada tahun depan dimulai proses pengadaan lahan hingga 2024 dan kemudian dilanjutkan pelaksanaan konstruksi hingga 2026.

Baca juga: ATURAN Terbaru Naik Pesawat hingga Kereta Api di Masa PPKM Jawa-Bali Level 3 dan 2

"Tapi lahan dan konstruksi ini disesuaikan pemerintah pusat ada anggarannya. Sekarang ini sebagian besar anggaran diperuntukan untuk Covid-19," ucap Dadan.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas