Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sandiaga Perkirakan Ada 25 Ribu Pengunjung di Event World Superbike

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan jika perhelatan World Superbike yang akan digelar di Sirkuit Mandalika. 

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Sandiaga Perkirakan Ada 25 Ribu Pengunjung di Event World Superbike
KOMPAS.com/ M. Hafidz Imaduddin
Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Mandalika 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan jika perhelatan World Superbike yang akan digelar di Sirkuit Mandalika. 

Kejuaraan balap motor internasional ini nantinya akan digelar pada 19-21 November 2021. Sandiaga mengatakan perhelatan tersebut sudah memasuki pembahasan tahap final. 

Namun kata Sandiaga, penonton yang hadir akan difokuskan pada penonton wisatawan nusantara. Selain itu, World Superbike diizinkan dengan penonton yang terbatas dan sudah divaksinasi.

Selain itu, pemerintah menargetkan agenda ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat setempat. Karena ada empat hotel yang berada di dekat lokasi Sirkuit Mandalika. 

Tapi banyak juga desa wisata yang bisa membuka peluang untuk meningkatkan pendapatan dari hunian atau home stay.

Baca juga: Jadi Lokasi MotoGP 2022, Pembangunan Fasilitas Sirkuit Mandalika NTB Dikebut

"Selain itu juga akan menyasar kepada penjualan produk ekonomi kreatif. Diharapkan bisa menggerakkan ekonomi setempat dan membuka lapangan kerja," katanya pada konferensi pers di Yogyakarta, Senin (11/10/2021). 

BERITA TERKAIT

Sandiaga menyebutkan jika dirinya sudah menghitung akan ada perkiraan 25 ribu kunjungan. Dengan kehadiran tersebut, total belanja perhari antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. 

Sehingga produk ekonomi kreatif ini dapat tumbuh sekitar Rp 250 juta hingga Rp 500 juta dari masing masing-masing lokasi. Tentunya hal ini akan sangat bgus untuk perkembangan desa wisata. 

"Terakhir harapan kita bahwa World Superbike ini juga mejadi uji coba latihan. Karena Mandalika adalah destinasi super prioritas yang sedang kita kembangkan," pungkasnya. 

Selain arena Motor GP, Sandiaga sebut jika sirkuit Mandalika akan dijadikan tempat untuk pariwisata berbasis olahraga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas