Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Menteri Teten: Digitalisasi Mempermudah Akses Pembiayaan UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan para pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen melalui online marketplace.

Menteri Teten: Digitalisasi Mempermudah Akses Pembiayaan UMKM
ist
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan para pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen melalui online marketplace.

Menurutnya, digitalisasi juga mempermudah akses pembiayaan.

"Sekarang sedang berkembang peer to peer lending di dalam memberikan pinjaman tidak lagi harus menggunakan aset atau agunan. Tapi hanya dilihat secara dilihat track record cashflow mereka," kata Teten dalam webinar Transformasi UMKM menuju Ekonomi Digital Era Society 5.0, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Mulai 12 Oktober, UMKM Bisa Dagang di Mall of Indonesia, Begini Cara Daftarnya

Pihaknya meyakini perbankan nantinya akan mengarah ke digital sehingga menjadi hal yang positif bagi UMKM.

"Permasalahan aset ini yang ke depan kita harapkan tidak lagi menjadi kendala UMKM. Kalau nanti pengembangnannya digital ini akan memberikan kesempatan," tutur Teten.

Namun perlu disadari akses internet serta indeks kesiapan digital dari pelaku usaha ini menunjukkan bahwa UMKM ini tidak sepenuhnya siap.

Baca juga: Menkop Teten Proyeksi Ekonomi Digital Indonesia Terbesar di Asia Tenggara Tahun 2025

Perlu adanya kerjasama antara pemerintah, pelaku bisnis serta masyarakat untuk menuju digitalisasi umkm.

Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas (PIKKC) ITB sebagai akademisi, bekerjasama dengan pemerintah, industri asosiasi serta masyarakat dalam mendukung ekonomi digital melalui sosialisasi berbagai program digital untuk mendukung UMKM “go digital”.

MenkopUKM, Teten Masduki
MenkopUKM, Teten Masduki (dok. KemenkopUKM)

Kepala PIKKC ITB Suhono Harso Supangkat sebagai peneliti dan akademisi menyatakan harapannya agar kegiatan ini dapat mendukung transformasi UMKM yang lebih efektif dan efisien.

Ia menyatakan bahwa PIKKC ITB salah satu komunitas yang ingin memahami kondisi perkotaan untuk membantu komunitas menuju kehidupan yang lebih baik.

"UMKM yang melakukan transformasi dengan digitalisasi akan dapat bertahan dan bahkan bisa mengambil peluang atau mencari pasar lebih besar di tengah krisis akibat pandemi," ucap Suhono.

SVP Enterprise Telkomsel Damar Simorangkir menjelaskan bagaimana Telkomsel sebagai industri telekomunikasi dalam mendukung pemulihan ekonomi melalui kebangkitan UMKM.

“Kami memberdayakan UMKM dengan memberikan non stop solution berupa platform berbasis ekosistem sehingga peran Telkomsel sebagai telekomunikasi provider terbesar di Indonesia itu juga kita rasakan hari ini bahwa acara ini terselenggara kerjasama dari ITB,” ungkap Damar.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas