Tribun Bisnis

Kemendag Kembangkan Logistik dan Perdagangan Sumatera Utara

Adapun potensi yang dapat kembangkan yaitu sektor pertanian, perkebunan, pertambangan, energi, UMKM dan pariwisata.

Editor: Hendra Gunawan
Kemendag Kembangkan Logistik dan Perdagangan Sumatera Utara
ist
Wamendag Jerry Sambuaga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melihat banyaknya potensi yang dapat dikembangkan dari kawasan Sumatera Utara bagian tengah dan barat.

Adapun potensi yang dapat kembangkan yaitu sektor pertanian, perkebunan, pertambangan, energi, UMKM dan pariwisata.

"Ada beberapa sektor yang punya potensi besar dan kami akan membantu dari sisi logistik dan perdagangan," kata Jerry dalam keterangannya, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno: Kemenparekraf Siapkan Inovasi hingga Kolaborasi untuk Pengembangan UMKM

Melihat potensi tersebut, kata Jerry, Kementerian Perdagangan akan fokus menggenjot sektor perdagangan di wilayah tersebut, dengan menunjang logistik, penyediaan sarana dan prasarana perdagangan dan fasilitasi perdagangan bagi semua level.

"Tujuannya agar perdagangan benar-benar bisa menunjang perekonomian secara umum dan tentu demi kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Strategi UMKM Clothing Tetap Bertahan di Tengah Pandemi

Menurutnya, dalam membantu produsen lokal khususnya petani, peternak, dan nelayan, Kemendag memiliki skema fasilitasi gudang SRG maupun non SRG, dan fasilitas pelatihan untuk desain produk hingga pemasaran.

"Kami menggandeng perusahaan teknologi besar seperti Google untuk berkolaborasi dalam pelatihan-pelatihan UMKM," ucapnya.

"Pemerintah berupaya terus membangun regulasi yang kondusif bagi pelaku serta fasilitasi yang tepat. Stakeholder lain yang punya sumber daya dan kepentingan bisa mendorong agar perdagangan masyarakat terus tumbuh," sambung Jerry

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas