Tribun Bisnis

Pertamina: Konsumsi BBM Meningkat Bukti Perekonomian Nasional Mulai Bangkit

Terdongkraknya konsumsi BBM ini disebabkan mulai bergeliatnya perekonomian nasional.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
Pertamina: Konsumsi BBM Meningkat Bukti Perekonomian Nasional Mulai Bangkit
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pengisian BBM jenis Pertamax di SPBU Pertamina. PT Pertamina (Persero) mengatakan, konsumsi energi masyarakat khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM), perlahan mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengatakan, konsumsi energi masyarakat khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM), perlahan mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengungkapkan, terdongkraknya konsumsi BBM ini disebabkan mulai bergeliatnya perekonomian nasional.

Diketahui, seiring dengan keberhasilan Pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Indonesia, aktivitas masyarakat terus meningkat dan kembali normal.

Hal ini juga berpengaruh langsung pada peningkatan kegiatan perekonomian yang tercermin dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan pertumbuhan perekonomian pada semester 1 tahun 2021 sekitar 3,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Seiring keberhasilan pemerintah menangani pandemi Covid-19, memang kegiatan dan aktivitas masyarakat maupun industri terus meningkat," ucap Fajriyah saat ditemui di Grha Pertamina Jakarta, Senin (18/10/2021).

Baca juga: BBM Jenis Biosolar Langka, Pertamina: Karena Permintaan Meningkat

Baca juga: Bongkar Aksi Penimbunan, Pertamina & Ditpolair Baharkam Polri Amankan Pasokan Solar Bersubsidi

"Ini dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang cukup baik di semester tahun ini pemerintah sudah menyatakan pertumbuhan ekonomi 3,1 persen dibandingkan semester di tahun lalu. Dan ini juga mendorong peningkatan dari konsumsi energi termasuk BBM," sambungnya.

Fajriyah melanjutkan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan, mampu memiliki dampak pada peningkatan kebutuhan atau demand BBM, termasuk BBM retail dan industri.

Dibandingkan periode awal PPKM, saat ini demand BBM retail meningkat 8 persen. Sedangkan industri pertambangan meningkat 35 persen, serta industri perkebunan 26 persen.

Hal tersebut tentunya terjadi pada BBM jenis solar.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas