Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Simak, Faktor Penting Berinvestasi Properti di Masa Kini

dalam situasi sekarang, investasi properti jadi satu di antara pilihan investasi terbaik dengan mempertimbangkan beberapa faktor penting.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
zoom-in Simak, Faktor Penting Berinvestasi Properti di Masa Kini
istimewa
Ilustrasi properti 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski ekonomi Indonesia belum sepenuhnya pulih akibat pandemi, tapi pertumbuhan secara makro mengarah ke perbaikan, sehingga memberikan angin segar untuk berinvestasi di sektor properti.

Presiden Direktur Era Indonesia Darmadi Darmawangsa mengatakan, dalam situasi sekarang, investasi properti jadi satu di antara pilihan investasi terbaik dengan mempertimbangkan beberapa faktor penting.

"Pemerintah memberikan kelonggaran signifikan untuk sektor properti. Insentif itu tidak pernah terjadi selama ini yakni pertama adalah DP nol persen untuk pembelian properti," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Kebijakan KPR DP 0 Persen Disambut Positif Pelaku Properti

Kemudian, dia menjelaskan, faktor kedua adalah pemerintah memberikan insentif relaksasi Pajak Pertambahan Nilai atau PPN sektor properti.

"Sepertinya tidak ada negara berikan kelonggaran seperti ini. Jadi, ini adalah kesempatan,” kata Darmadi.

Menurut dia, arah dan strategi pemulihan ekonomi yang tepat oleh pemerintah akan menstimulus sektor properti dan meningkatkan daya beli masyarakat.

BERITA TERKAIT

Apalagi, sejarah mengatakan baru kali ini pemerintah memberikan insentif DP nol persen dan pajak dalam durasi waktu yang lama.

Baca juga: Sektor Properti Kembali Menggeliat, Berikut Rekomendasi Analis di Pasar Saham

Karena itu, di masa krisis ini justru menjadi waktu tepat untuk membeli properti karena harga sedang terkoreksi dimana-mana, sehingga pengembang juga memberikan insentif.

“Kapan waktu terbaik beli properti? Pertama, 10 sampai 20 tahun lalu. Kedua, pada saat krisis adalah waktu baik karena harga sedang terkoreksi, developer memberikan insentif, suku bunga KPR lagi rendah, dan bunga deposito lagi turun," ujar Darmadi.

Kendati demikian, yang perlu dilihat pertama kali saat membeli properti, selain kredibilitas pengembang yakni aksesibilitas karena akan mendukung produktivitas dan mobilitas individu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas