Tribun Bisnis

Kominfo Ajak Humas Pemerintah Melek Digital

Hasyim Gautama mengajak humas pemerintah melakukan transformasi digital diiringi dengan transformasi sumber daya manusia.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Kominfo Ajak Humas Pemerintah Melek Digital
ist
Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Hasyim Gautama 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Hasyim Gautama mengajak humas pemerintah melakukan transformasi digital diiringi dengan transformasi sumber daya manusia.

“Kitanya (Pranata Humas) juga bertransformasi jadi jadi melek digital. Perkembangan teknologi sekarang ini luar biasa cepat, adanya pertukaran informasi melalui dunia Internet,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Polemik Penumpang Pesawat Wajib Tes PCR, Berikut Sejumlah Tokoh yang Mendukung dan Menolak

Penyetaraan pranata humas dari jabatan struktural ke jabatan fungsional menurutnya merupakan bentuk transformasi pranata humas agar bekerja lebih efektif dan efesien.

Tuntutan kerja pranata humas kini lebih kompleks, tidak hanya sekadar membuat rilis semata tetapi juga melakukan diseminasi melalui berbagai kanal di media digital.

"Pranata Humas sekarang harus mengubah pola-pola kerja yang tadinya semi manual menjadi yang menyesuaikan diri dengan teknologi informasi," urai Hasyim.

Baca juga: Menkominfo: Ulama dan Santri Berperan Penting dalam Perjuangan Melawan Pandemi Covid-19

Ia menekankan yugas pranata humas adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa lewat informasi-informasi yang disalurkan.

"Kalau informasi positif yang kita diseminasikan, otomatis akan melawan informasi negatif yang beredar,” tambahnya.

Asdep Standarisasi Jabatan dan Kompetensi SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB Istyadi Insani menjelaskan pranata humas mengalami penyetaraan dari jabatan struktural menjadi jabatan fungsional.

Pekerjaan pranata humas tidak ubahnya sebuah pekerjaan yang menyerupai kerja media massa.

“(Pranata Humas) harus memiliki passion memberikan informasi terbaik kepada masyarakat. Pranata Humas itu sama dengan pekerjaan media, mereka itu The Messenger, pembawa pesan,” ujarnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas