Tribun Bisnis

Kembangkan Infrastruktur Digital, Kominfo Gandeng Platform Layanan Aplikasi Logistik

Program pengembangan ekosistem smart logistic ini menyasar ke masyarakat menengah ke bawah,

Editor: Sanusi
Kembangkan Infrastruktur Digital, Kominfo Gandeng Platform Layanan Aplikasi Logistik
cybrain
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Agustus 2020 tentang peningkatan infrastruktur digital, transformasi digital di sektor-sektor strategis, percepatan integrasi pusat data nasional, kebutuhan SDM talenta digital dan skema regulasi pembiayaan transformasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Ritase untuk mengembangkan transformasi digital di sektor logistik.

Penggunaan teknologi digital untuk pengembangan bisnis truk ini dilakukan oleh Direktorat Ekonomi Digital Kominfo dengan menciptakan ekosistem yang mengusung konsep smart logistic guna mendorong transformasi digital di sektor tersebut.

Baca juga: Dilantik Jadi Kepala Badan Logistik dan Rantai Pasok Kadin Indonesia, Ini Komitmen Akbar Djohan

“Salah satu tujuan sosialisasi ini antara lain bermanfaat untuk mengurangi biaya logistik, mempersingkat waktu pengiriman dan ketepatan jadwal, meminialisir kerusakan, dan tentu saja yang paling penting adalah meningkatkan kualitas SDM dalam mensinkronkran aktivitas logistik sesuai dengan visi yang ingin dicapai,” ujar Koordinator Inisiatif Digital Sektor Strategis Direktorat Ekonomi Digital, Layanan Aplikasi Informatika (APTIKA) Kominfo, Wijayanto, dalam pernyataannya, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Ketua DPR: Tarif Tes PCR Jangan Lebih Mahal dari Harga Tiket Transportasi Publik

Program pengembangan ekosistem smart logistic ini menyasar ke masyarakat menengah ke bawah, mulai dari driver sampai dengan para transporter di daerah, sehingga mampu membantu sektor strategis dalam bertransformasi serta mengadopsi teknologi digital sebagai solusi.

“Penggunaan teknologi pada sektor logistik menciptakan efisiensi. Ritase membuat sebuah platform logistik yang terkoneksi antara pengirim barang dan perusahaan jasa logistik, baik pergudangan maupun trucking. Buktinya apa yang konsumen rasakan sekarang dimana kami hadir di jalur darat, laut, dan udara,” ujar CEO and Founder Ritase, Iman Kusnadi.(Willy Widianto)

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas