Tribun Bisnis

Pacific Exposition 2021

Mendag Harap Pacific Exposition 2021 Jadi ‘Bouncing Wall’ Percepat Pemulihan Perdagangan

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi berharap Pacific Exposition tahun ini dapat menjadi bouncing wall untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Adi Suhendi
Mendag Harap Pacific Exposition 2021 Jadi ‘Bouncing Wall’ Percepat Pemulihan Perdagangan
ist
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi berharap Pacific Exposition tahun ini dapat menjadi bouncing wall untuk mempercepat pemulihan ekonomi di kawasan melalui perdagangan.

Ia menegaskan perdagangan merupakan satu modal untuk pertumbuhan perekonomian suatu negara.

“Perdagangan harus membawa manfaat bagi semua pihak yang berperan pada rantai pasok gobal,” kata Lutfi saat mengisi seminar virtual, Kamis (28/10/2021).

Mendag menekankan defisit perdagangan suatu negara tidak sepenuhnya buruk.

Misalnya, defisit perdagangan Indonesia dengan Pasifik karena Indonesia banyak mengimpor barang mentah dalam mendukung industri nasional, yang justru meningkatkan ekspor Indonesia.

“Indonesia harus bekerja sama dengan negara-negara dunia, khususnya di kawasan Pasifik dan terhubung dengan rantai pasok global, maka kolaborasi sebagai elemen kunci,” katanya.

Anggota Parlemen Australi Hon David Gillespie menyatakan bahwa perhelatan 2nd Pacific Exposition sangat pas waktunya di tengah pentingnya arti kerjasama antar negara demi peningkatan perdagangan dan investasi.

Baca juga: Mendag: Pacific Exposition 2021 Jadi Harapan Sektor Perdagangan Kembali Bangkit

Dia menegaskan komitmen Australia untuk bekerja sama dengan negara-negara di Pasifik dalam mengatasi tantangan perdagangan dan ekonomi.

“Pemberlakuan PACER plus akan memberikan wadah percepatan integrasi ekonomi yang lebih cepat dalam mendorong perdagangan dan investasi di Pasifik,” katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas