Tribun Bisnis

Kominfo: Mandalika Jadi Pelopor Sport Tourism di Indonesia

event World Superbike (WSBK) dan MotoGP di tahun 2022 akan turut memajukan perekonomian daerah.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Kominfo: Mandalika Jadi Pelopor Sport Tourism di Indonesia
ist
Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo Septriana Tangkary 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo Septriana Tangkary mengatakan, kehadiran Mandalika International Street Circuit menjadi langkah positif memajukan sport tourism.

Menurutnya, event World Superbike (WSBK) dan MotoGP di tahun 2022 akan turut memajukan perekonomian daerah.

Baca juga: Sambut Superbike Mandalika, Citilink Siapkan 48 Extra Flight ke Lombok

“KEK Mandalika semakin memesona dengan kebijakan pemerintah menjadikan Mandalika sebagai pelopor sport tourism di Indonesia,” ucap Septriana dalam keterangannya, Kamis (11/11/2021).

Pengenalan KEK Mandalika sebagai sport tourism akan terus didorong melalui webinar, produksi, dan penayangan ILM melalui televisi, billboard, dan videotron di tempat strategis, serta diseminasi informasi melalui Talkshow di televisi.

Sementara Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo menjelaskan, bahwa Sirkuit Mandalika sudah siap menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) 2021, yang akan dilaksanakan live pada tanggal 19-21 November 2021.

Trek di sirkuit menggunakan pattern yang menggunakan kearifan lokal, race elektronik sudah dipasang (cctv, speed camera, microphone, lampu petunjuk), race control building sudah terhubung dengan instrumen yang ada, serta kesiapan marshal, medis, mitigasi bencana dan crowd control.

Baca juga: Lihat Simulasi Pengamanan Sirkuit Mandalika, Menhub Optimistis Keamanan dan Prokes Terjaga

Arie turut menambahkan bahwa ITDC telah merilis tiket harian dengan harga terjangkau, sehingga masyarakat Lombok dapat ikut menyaksikan World Superbike (WSBK) 2021.

“Harga tiket telah termasuk dengan antigen, terhubung dengan PeduliLindungi, penonton dapat naik bis/shuttle langsung menuju venue acara,” ucapnya.

Dari aspek Kesehatan, dr Wahyu Amri, Koordinator Kesehatan Dinas Kesehatan Prov. NTB, menyampaikan terkait dengan dukungan protokol Kesehatan menyambut laga balap dunia tersebut.

“Atlet dan kru yang tiba di Mandalika telah melaksanakan proses karantina yang dilakukan di Jakarta. Setiap 5 hari, akan dilaksanakan tes PCR untuk atlet, kru, dan tenaga kesehatan,” terangnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas