Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Erick Thohir: Biaya Logistik di Indonesia Masih Mahal Dibanding Malaysia

Indonesia harus bisa mengatasi biaya logistik yang saat ini masih mahal, karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap daya saing negara

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Erick Thohir: Biaya Logistik di Indonesia Masih Mahal Dibanding Malaysia
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistyono
Menteri BUMN Erick Thohir 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut biaya logistik di Indonesia pada saat ini masih mahal dibanding negara tetangga. 

"Kita masih mahal, 23 persen dari produk domestik bruto. Masih tinggi dibandingkan negara lain, Singapura 8 persen, India 13 persen, Malaysia 13 persen," kata Erick secara virtual, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, Indonesia harus bisa mengatasi biaya logistik yang saat ini masih mahal, karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap daya saing negara.

"Penyatuan Pelindo dilakukan agar efektivitas tol laut berjalan sesuai rencana, sekaligus atasi berbagai kendala utama biaya logitik yang tinggi," ujar Erick. 

Selain dapat menciptakan efisiensi, kata Erick, penyatuan Pelindo akan memberikan manfaat lain seperti jaringan pelayanan terintegrasi, peningkatan kapasitas pelabuhan, percepatan standarisasi operasional, peningkatan akses, dan lainnya.

Baca juga: Viral Pungli di Toilet SPBU, Erick Thohir Sampai Sentil Direksi Pertamina

"Efisiensi biaya logistik akan memberikan pengaruh ke peningkatan perekonomian nasional, yang memang kita harus menjadi sentranya dunia," paparnya. 

BERITA REKOMENDASI

"Apalagi kita sekarang menjadi presidensi G20, saat bersamaan kita harus memastikan pembukaan lapangan kerja baru, bagaimana melalui investasi di pelabuhan yang meningkat," sambung Erick.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas