Tribun Bisnis

LPEI Bahas Pemulihan Ekonomi di Asian Exim Bank Forum

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank ikut serta dalam pertemuan tahunan Asian Exim Bank Forum (AEBF) ke 26.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
LPEI Bahas Pemulihan Ekonomi di Asian Exim Bank Forum
ist
LPEI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank ikut serta dalam pertemuan tahunan Asian Exim Bank Forum (AEBF) ke 26.

Pertemuan tersebut dihadiri 11 Exim Bank di kawasan Asia dan Oceania bersama dengan observer tetap yakni Asian Development Bank.

Direktur Pelaksana III LPEI Agus Windiarto mengatakan, diskusi dengan 11 pimpinan Exim Bank negara sabahat yaitu terkait dampak Covid-19 terhadap arus perdagangan dan investasi di Asia.

Baca juga: Bukan Hanya Produksi Mobil Listrik, Toyota: Ekosistem Paling Penting

Menurutnya, pemerintah Indonesia melakukan beberapa langkah sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional dengan fokus pada lima aspek, yaitu kesehatan, social protection, program prioritas, dukungan pada pelaku usaha, dan pemberian insentif bisnis.

“Indonesia Eximbank terlibat dalam beberapa program pemerintah seperti Penjaminan Korporasi Pemerintah (JAMINAH), Program Investasi Pemerintah, dan Pembiayaan pada sektor strategis yang terdampak Covid-19," kata Agus, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Jangan Asal Investasi, Kenali Dulu Risikonya dan Tidak Satu Produk

Selain itu, kata Agus, LPEI juga menerima penugasan khusus pemerintah untuk pengembangan sektor pariwisata, penugasan khusus kawasan, UKM, trade finance, dan alat transportasi.

Agus menyebut, para pimpinan Exim Bank memiliki pandangan yang sama, di mana perekonomian dunia mulai menunjukkan perbaikan dan anggota AEBF perlu memperkuat kerja sama dalam menghadapi pasca pandemi.

Baca juga: Joe Biden Undang Taiwan ke KTT Demokrasi, China dan Rusia Tidak Masuk Daftar

Presiden China Eximbank, Wu Fulin menambahkan, pertukaran informasi dan kolaborasi antar Exim Bank perlu ditingkatkan, dan pendekatan bisnis perlu diarahkan ke area yang ramah lingkungan.

Forum AEBF didirikan sebagai upaya dalam menbentuk kolaborasi bagi anggota Eximbank dalam meningkatkan perdagangan dan investasi antar negara anggota, regional maupun global.

Kegiatan AEBF terdiri dari Technical Working Group Meeting (TWGM), Training Committee, CEOs Annual Meetings, Pelatihan/Capacity Building, dan kegiatan lain yang disepakati oleh anggota AEBF.

Pada 2016, LPEI berkesempatan menjadi tuan rumah untuk Annual Meeting AEBF ke 22 yang diadakan di Bali.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas