Tribun Bisnis

Ini Inovasi Digital dari KAI untuk Permudah Calon Penumpang Memesan Tiket Perjalanan KA

Kereta Api Indonesia (KAI) terus melakukan pengembangan dalam hal digitalisasi dalam operasional angkutan Kereta Api

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ini Inovasi Digital dari KAI untuk Permudah Calon Penumpang Memesan Tiket Perjalanan KA
KOMPAS.COM
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan fitur baru pada KAI Access 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus melakukan pengembangan dalam hal digitalisasi dalam operasional angkutan Kereta Api (KA).

Bentuk pengembangan digitalisasi PT KAI yaitu adalah aplikasi KAI Access yang memberikan kemudahan calon penumpang memesan tiket perjalanan hingga pengiriman barang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebutkan, KAI Access tidak hanya layanan pemesanan tiket kereta api, kini KAI Access juga mendukung pemesanan dan informasi.

Baca juga: Indonesia Bisa Berkaca dari Tiongkok untuk Tingkatkan SDM Industri Perkeretaapian

"Pengembangan aplikasi KAI Access ini merupakan bentuk inovasi dan solusi KAI dalam menghadirkan pemesanan berbagai layanan KAI Group dalam satu genggaman," kata Joni, Jumat (26/11/2021).

Joni juga menjelaskan, dalam aplikasi KAI Access terdapat menu KA Wisata yang menghadirkan layanan pemesanan Kereta Wisata seperti Kereta Istimewa, Kereta Wisata Priority, Nusantara, dan lainnya.

"Selain itu, KAI juga sudah mengintegrasikan fitur Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek dan KRL Yogya - Solo pada menu Informasi KRL," ujar Joni.

Baca juga: Menhub: Jumlah Penumpang Kereta Api Capai 3,7 Miliar Selama 16 Tahun

Dengan begitu calon penumpang dapat melihat jadwal KRL, posisi KRL, Informasi jalur perjalanan KRL, peta rute jalur KRL dan cek tarif KRL cukup melalui satu aplikasi saja.

"Kemudian untuk para penumpang Kereta Api Bandara di Jakarta dan Medan, KAI juga telah membuat menu pemesanan tiket kereta dan informasi promo yang dapat diakses melalui menu KA Bandara," kata Joni.

Joni mengatakan, inovasi ini merupakan salah satu bentuk transformasi digital perusahaan.

Baca juga: Penumpang Tak Wajib Tes Antigen, Ini Daftar Kereta Lokal, Komuter, dan Aglomerasi yang Bisa Dinaiki

Integrasi layanan KAI Group ini akan mempermudah pelanggan dalam mendapatkan berbagai layanan di ekosistem KAI cukup pada satu aplikasi yaitu KAI Access.

Aplikasi KAI Access merupakan aplikasi resmi KAI yang diluncurkan pada tahun 2014 yang dapat diunduh melalui Google Play maupun App Store. Hingga November 2021, Aplikasi KAI Access telah memiliki 5.758.294 user.

Sebelumnya KAI baru saja meluncurkan KAIPay, yaitu layanan uang elektronik untuk mempermudah pembayaran transaksi pada KAI Access. Sejak diluncurkan, 38.232 pengguna telah melakukan aktivasi KAIPay pada aplikasi KAI Access-nya.

Aplikasi KAI Access hadir untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk mendapatkan tiket kereta api dengan harga yang lebih murah serta fitur unggulan lainnya seperti pembatalan dan reschedule online, e-boarding pass, dan berbagai layanan KAI group lainnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas