Tribun Bisnis

Lakukan Efisiensi Energi, Sido Muncul Bangun Solar Panel untuk Pabrik di Semarang

GM Lingkungan Sido Muncul Hadi Hartojo mengungkapkan, pemasangan solar panel ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk melakukan efisiensi energi.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
Lakukan Efisiensi Energi, Sido Muncul Bangun Solar Panel untuk Pabrik di Semarang
Sido Muncul
Sido Muncul. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk melakukan pengembangan pabrik dengan memasang solar panel, sebagai upaya dalam efisiensi energi.

GM Lingkungan Sido Muncul Hadi Hartojo mengungkapkan, pemasangan solar panel ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk melakukan efisiensi energi.

"Selain itu, dengan penggunaan solar panel ini tentunya sebagai bentuk dari pengelolaan lingkungan. Dengan solar panel ini, tentunya mengurangi emisi pabrik melalui energi baru terbarukan," kata Hadi di Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Menurutnya, dengan melakukan efisiensi energi ini tentu bukan hanya mendapatkan keuntungan dari sisi ekonomi saja namun dampak yang positif untuk lingkungan.

"Kita sudah memasang solar panel untuk pabrik di Semarang, dan pengerjaannya juga sudah selesai tinggal menunggu pengoperasianya saja," kata Hadi.

Ia juga menjelaskan, pengoperasian solar panel di pabrik Sido Muncul ini diperkirakan pada akhir 2021 atau paling lambat pada 2022 mendatang.

Sido Muncul sendiri baru saja menerima Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian untuk keempat kalinya.

Hadi menyebutkan, penghargaan yang diraih Sido Muncul ini tentunya tidak lepas dari dukungan manajemen.

Baca juga: Sido Muncul Kembali Meraih Penghargaan Industri Hijau dari Kemenperin

"Dorongan manajemen yang kuat, tentunya membuat kita terpacu untuk terus melakukan pengembangan dan inovasi," ucap Hadi.

Ia juga menjelaskan, dalam penilaian penghargaan industri hijau ini ada tiga aspek yang dilihat yaitu kategori teknis, produksi dan juga manajemen.

"Dalam penilaian ini kami memiliki sistem manajemen, produksi dan teknis yang sangat kuat dan mendapatkan nilai diatas 92 dari rata-rata. Hal itu membuat kami bisa mendapatkan penghargaan ini empat kali berturut-turut," ucap Hadi.

Hadi juga mengungkapkan, pencapaian ini tentunya harus terus dipertahankan dan harus menjadi lebih baik lagi. Tentu dengan pengelolaan lingkungan harus terus dilakukan di lapangan dan itu menjadi fokus Sido Muncul

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas