Tribun Bisnis

Reuni 212

Analis: Reuni 212 Tak Pengaruhi Laju IHSG

Aksi Persaudaraan Alumni (PA) 212 di Patung Kuda, Jakarta, dinilai tidak mempengaruhi laju IHSG pada perdagangan Kamis (2/12/2021)

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Muhammad Zulfikar
Analis: Reuni 212 Tak Pengaruhi Laju IHSG
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Analis: Reuni 212 Tak Pengaruhi Laju IHSG 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksi Persaudaraan Alumni (PA) 212 di Patung Kuda, Jakarta, dinilai tidak mempengaruhi laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (2/12/2022). 

"Aksi Reuni 212 tidak berpengaruh ke IHSG," kata Senior Investment Information PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Nafan Aji Gusta saat dihubungi. 

Menurutnya, pelaku pasar percaya kepada pemerintah dapat menjaga keamanan di dalam negeri, apalagi aksi Reuni 212 saat ini berlangsung damai.

"Sejauh ini pemerintah telah mewujudkan stabilitas politik dan keamanan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi," papar Nafan. 

Mengutip data RTI, laju IHSG pada perdagangan hari ini sekitar pukul 11.03 WIB bergerak menguat 0,69 persen atau 45 poin ke posisi 6.552. 

Diketahui, hari ini massa aksi PA 212 tetap menggelar aksi di wilayah sekitaran Jakarta Pusat meski pihak kepolisian tidak mengeluarkan izin untuk acara tersebut.

Aksi bertajuk Super Damai itu, terpantau turut dihadiri massa aksi yang merupakan emak-emak. Di antaranya terpantau berada di ruas Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com, di lokasi pada pukul 09.30 WIB, massa aksi yang didominasi emak-emak itu diminta mundur oleh Koorps Wanita Angkatan Darat (Kowad) secara persuasif.

Baca juga: IHSG Jatuh 26,25 Poin ke 6.507,68, Investor Asing Jual Saham Hingga Rp 621,65 Miliar

Adapun, permintaan itu dilakukan karena mengingat, saat ini wilayah DKI Jakarta masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sekaligus, penerapan kebijakan PPKM Level 2.

Dalam pantauan terlihat, massa aksi itu masih bersikeras untuk tetap berada di lokasi, namun dengan pendekatan yang dilakukan jajaran Kowad, akhirnya satu persatu massa aksi membubarkan diri.

"Ibu-ibu, kondisi saat ini masih dalam pandemi ibu, kita sama-sama jaga kesehatan ya ibu, lebih baik ibu kembali ke rumah ya bu," kata salah seorang anggota Kowad di lokasi.

Kendati saat ini sejumlah massa aksi emak-emak di jalan Abdul Muis itu sudah berangsur membubarkan diri, namun terpantau aparat keamanan, dari Brimob Polri dan TNI masih berjaga di lokasi.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas