Tribun Bisnis

Cara Pertamina Lubricants Latih Santri agar Berdaya Saing

Pertamina Lubricants (PTPL) kembali menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS) di Yayasan Pendidikan Islam Darul Falakiyah

Editor: Sanusi
zoom-in Cara Pertamina Lubricants Latih Santri agar Berdaya Saing
dok Pertamina Lubricants
PT Pertamina Lubricants (PTPL) kembali menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS) di Yayasan Pendidikan Islam Darul Falakiyah, Tangerang. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - PT Pertamina Lubricants (PTPL) kembali menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS) di Yayasan Pendidikan Islam Darul Falakiyah, Tangerang.

Mulainya program ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PTPL dan Yayasan disertai dengan peresmian Bengkel Enduro Express "Bejo Racing Motor Enduro".

ESS merupakan program pengembangan ilmu wirausaha (entrepreneurship) dan penerapan ilmu teknis otomotif di bidang perbengkelan roda dua dimana para santri akan di asah kemampuannya dalam berbisnis, berjualan dan memasarkan produk dan jasa (sales & marketing) dan menekuni ilmu teknis sebagai mekanik bengkel.

Baca juga: ASDP Indonesia Ferry dan Pertamina Geothermal Energy Bakal IPO di 2022

Program ini adalah inovasi yang memberikan kesempatan kerja bagi para santri, sehingga mereka mampu memiliki daya saing tinggi serta menjadi bagian dari motor roda perekonomian nasional.  

MoU dan bantuan pendirian bengkel ini merupakan upaya sinergi Pemerintah, komunitas, dunia usaha dan dunia industri (Dudi) dalam meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang unggul dengan mendekatkan akses pelatihan bagi masyarakat.

Baca juga: Pertamina Temukan Potensi Cadangan Minyak di Lapangan Krisna, Kepulauan Seribu

Dalam hal ini, PTPL menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS) bekerja sama dengan FKN BLK Komunitas kementerian Ketenagakerjaan, dan pesantren. 

Sebelumnya program percontohan (pilot project) ESS telah dijalankan di Pesantren Majelis Ilmu Rahmatan Lil'Alamin, Cibubur, Jakarta Timur pada September 2021.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting menyampaikan bahwa, PTPL sebagai anak perusahaan mendapat dukungan penuh untuk menjalankan program ini.

Irto mengatakan, PT Pertamina Patra Niaga memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berbasis Creating Shared Value (CSV) Enduro Sahabat Santri (ESS) ini.

"Program ini tidak semata-mata memberikan bantuan materi namun kami memberikan kail yang dapat menciptakan kemandirian sebagaimana salah satu pilar program TJSL kami yaitu Program Pertamina Berdikari yang memiliki misi untuk mendorong agar masyarakat bisa mandiri," ucapnya, Kamis (2/12/2021).

Irto menambahkan dengan harapan bahwa kolaborasi bersama dengan yayasan/pesantren dan Kementerian Ketenagakerjaan RI dapat dijalankan secara berkelanjutan dan direplikasi di daerah lain atau di kegiatan lainnya, sesuai dengan roadmap TJSL Pertamina di tahun yang akan datang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas