Tribun Bisnis

Menko Airlangga: PIDI 4.0 Bukti Perubahan Teknologi Digital Indonesia

Ia mengapresiasi pembangunan PIDI 4.0 yang merupakan solusi satu atap dalam percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
Menko Airlangga: PIDI 4.0 Bukti Perubahan Teknologi Digital Indonesia
Dennis Destriyawan/Tribunnews.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat meresmikan Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0, Kamis (2/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pembangunan PIDI 4.0 merupakan bukti Indonesia dalam perubahan menuju Industri 4.0.

Disampaikan Airlangga saat meresmikan Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0. Ia mengapresiasi pembangunan PIDI 4.0 yang merupakan solusi satu atap dalam percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia.

Baca juga: Hadiri Pembukaan Katumbiri Expo 2021, Yanti Airlangga Sorot Peranan Perempuan di Era Milenial

"Sekaligus menjadi showcase Making Indonesia 4.0 untuk dunia terutama dalam hal digitalisasi,” ucap Airlangga dalam keterangannya, Kamis (2/12/2021).

Airlangga menuturkan, PIDI 4.0 merupakan upaya pemerintah untuk mendukung tema besar Presidensi G20 Indonesia yakni “Recover Together, Recover Stronger”, yang dilakukan secara inklusif, adaptif, dan implementatif.

Baca juga: Respons Keinginan Ridwan Kamil, Waketum Golkar: Kami Partai Terbuka, Tapi Capres Kami Airlangga

Transformasi digital sendiri, kata Airlangga, merupakan pilar kedua dari tiga pilar utama dalam tema tersebut. Selebihnya ialah arsitektur kesehatan global dan transisi energi keberlanjutan.

“Tentu di pilar yang kedua ini agar tidak sebatas narasi, tetapi juga ada showcasing dalam bentuk yang lebih nyata, sesuai pidato Presiden Joko Widodo kemarin di mana arahannya agar pelaksanaan forum G20 tidak berfokus kepada seremoni-seremoni namun kepada hal yang lebih praktikal, dan lebih terutama lagi yaitu apa yang akan didapatkan oleh Indonesia dalam Presidensi G20 nanti,” ucapnya.

Airlangga menerangkan, PIDI 4.0 merupakan lembaga pemerintah, khususnya bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri untuk membantu industri di Indonesia dalam bertransformasi menuju industri 4.0.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas