Tribun Bisnis

Gunung Semeru Erupsi

Perusahaan Tambang Diajak Bantu Pulihkan Wilayah Terdampak Erupsi Semeru

Total personil tim ESDM Siaga Bencana terdiri dari 82 personil di tim penyelamat, enam orang tim logistik, dan 16 personil tim medis.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
Perusahaan Tambang Diajak Bantu Pulihkan Wilayah Terdampak Erupsi Semeru
AFP/JUNI KRISWANTO
Seorang warga membawa seorang anak ketika orang-orang menyelamatkan barang-barang mereka di daerah yang tertutup abu vulkanik di desa Sumber Wuluh di Lumajang pada 5 Desember 2021, setelah letusan gunung berapi Semeru yang menewaskan sedikitnya 14 orang. (Photo by JUNI KRISWANTO / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta perusahaan tambang berpartisipasi membantu mengevakuasi dan pemulihan wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. 

"Kami sudah meminta ke perusahaan untuk memberikan kontribusi bantuan pada daerah terdampak erupsi Gunung Semeru, untuk menyiapkan tim tanggap darurat, pemberian bantuan logistik kepada korban bencana, persiapan peralatan awal dan lanjutan apabila terjadi eskalasi erupsi Gunung Semeru," kata Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Lana Saria, Senin (6/12/2021).

Dia mengatakan, kini ada 20 tim tanggap darurat dari 19 perusahaan tambang dan satu tim dari Forum Komunikasi Pemerhati Tambang (Forkompeta) Jawa Timur yang bergabung.

Total personil tim ESDM Siaga Bencana mencapai 104 orang, terdiri dari 82 personil di tim penyelamat, enam orang tim logistik, dan 16 personil tim medis.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, 1.300 Warga Harus Mengungsi, Kepala BNPB Janji Penuhi Kebutuhan Pengungsi

"Data per hari ini, sudah ada 19 perusahaan dan 1 tim dari Forkompeta Jawa Timur yang menurunkan tim tanggap darurat untuk membantu pemulihan dan evakuasi pada wilayah terdampak erupsi Gunungapi Semeru," papar Lana.

Baca juga: Daftar Korban Gunung Semeru Berhasil Diidentifikasi, Ada 8 Orang, 5 Merupakan Warga Pronojiwo

Tim ESDM Siaga Bencana juga terus berkoordinasi dengan Posko Komando Operasi Penanganan Bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan SAR Nasional.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas