Tribun Bisnis

Dalang Pemotongan Anggaran MPR Bukan Menkeu, Kini Bambang Soesatyo dan Sri Mulyani Kembali Akur

Akibat pemotongan tersebut, Suharso lantas kena semprot Sri Mulyani di acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin beberapa waktu lalu.

Editor: Hendra Gunawan
Dalang Pemotongan Anggaran MPR Bukan Menkeu, Kini Bambang Soesatyo dan Sri Mulyani Kembali Akur
capture akun instagram @bambang.soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani sepakat untuk saling bertemu dalam forum resmi antara Menteri Keuangan dengan pimpinan MPR RI.  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sempat bersitegang, dua tokoh negara yaitu Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali akur.

Keduanya sempat "musuhan" setelah Bamsoet meminta agar Presiden Joko Widodo segera memecat Sri Mulyani karena memotong anggaran MPR.

Belakangan diketahui kalau dalang dari pemotongan anggaran MPR tersebut bukanlah Menkeu, namun menteri lainnya yaitu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa.

Baca juga: Sri Mulyani dan Pimpinan MPR Sepakat Bertemu, Bamsoet: Bukan Masalah Anggaran

Suharso mengaku sendiri ia yang mengurangi dana untuk lembaga tertinggi negara tersebut.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengabarkan saat ini pembangunan ibukota baru di Kalimantan Timur sudah pelan-pelan mulai dilakukan. 
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengabarkan saat ini pembangunan ibukota baru di Kalimantan Timur sudah pelan-pelan mulai dilakukan.  (Tangkap Layar Youtube DPR RI)

Akibat kejadian ini Sri Mulyani sempat menjadi bulan-bulanan pimpinan MPR.

"Padahal yang memotong anggaran (MPR) itu bukan di Kementerian Keuangan, yang memotong anggaran itu di Bappenas," kata Suharso dalam acara BPS Award Desa Cantik di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Akibat pemotongan tersebut, Suharso lantas kena semprot Sri Mulyani di acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin beberapa waktu lalu.

Namun Suharso berdalih, pemotongan anggaran dilakukan karena pendapatan negara saat ini terbatas dan fokus menangani pandemi Covid-19.

Baca juga: Bamsoet Tuding Menkeu Tak Hormati MPR Gara-gara Tak Hadiri Rapat, Sri Mulyani Bilang Begini

"Jadi kemarin waktu di Bali, saya waktu pertama kali duduk itu langsung ditembak sama Sri Mulyani, 'itu yang motong, saya yang kena. Selama ini orang tidak tahu yang motong bahwa sebenarnya kita di Bappenas," ucap Suharso.

Lebih lanjut Suharso menuturkan, kebijakan yang diambil harus berbasis data.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas