Tribun Bisnis

Didominasi Bisnis Kuliner, ASENSI Jalankan Inkubasi Bisnis untuk 100 Wirausaha Baru

Susanty Widjaya mengatakan, wirausaha yang mengikuti program inkubasi bisnis di ASENSI, sebanyak 60 persen diantaranya memilih usaha makanan dan minum

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Didominasi Bisnis Kuliner, ASENSI Jalankan Inkubasi Bisnis untuk 100 Wirausaha Baru
ist
ASENSI Jalankan Inkubasi Bisnis untuk 100 Wirausaha Baru 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 100 wirausaha baru mendapatkan dukungan inkubasi bisnis dari Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI). Para wirausaha yang selesai menjalani inkubasi ini resmi mengikuti graduation day yang diselenggarakan Senin (6/12/2021) lalu.

Susanty Widjaya, Ketua Umum ASENSI mengatakan, wirausaha yang mengikuti program inkubasi bisnis di ASENSI, sebanyak 60 persen diantaranya memilih usaha makanan dan minuman.

Kemudian, 20 persen lainnya di tekstil dan apparel, 10 persen di bidang kesehatan dan kecantikan serta 10 persen di bidang agrobisnis dan lebih dari 52 persen peserta berusia 24-35 tahun.

Baca juga: Menaker Imbau Karyawan Swasta Tidak Melakukan Perjalanan saat Libur Natal dan Tahun Baru

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah di acara Graduation Day dan Demo Day 'Peningkatan Skala Usaha Bagi Wirausaha Terhubung dengan Jaringan Bisnis di Menara Batavia Jakarta, menyatakan, dari 100 wirausaha ASENSI yang diinkubasi, 58 persen adalah pria dan sisanya wirausahawan wanita.

"Kami berharap, dari hasil kolaborasi ini tercipta proses bisnis yang dapat dikembangkan sehingga terbangun ekosistem dan energi positif dalam rangka pengembangan kewirausahaan nasional yang kokoh," ucapnya.

Pihaknya menyampaikan apresiasi tinggi kepada ASENSI dalam pemberdayaan lisensi merek dan produk lokal, khususnya untuk kemajuan para pelaku wirausaha agar dapat berinovasi, dan mengembangkan usahanya melalui Gerak Bersama Kementerian Koperasi dan UKM.

Siti memaparkan, Kementerian Koperasi dan UKM siap menaikkan rasio kewirausahaan Indonesia di 2021 sebesar 3,55 persen dan naik menjadi 3,95 persen di 2024.

Pihaknya akan fokus penciptaan wirausaha muda, mapan, inovatif, berkelanjutan dan menciptakan lapangan pekerjaan yang dilakukan melalui proses inkubasi dalam satu ekosistem yang utuh.

Yang diperlukan saat ini menurutnya, adalah pengenalan kewirausahaan sejak dini, ekosistem kewirausahaan yang membantu wirausaha.

Baca juga: Milenial Disebut Punya Andil dalam Pemulihan Ekonomi Nasional 

"Dari 64.14 juta wirausaha mikro dan kecil, hanya 4 persen (168.161 usaha) yang memiliki sertifikat berupa sertifikat SNI, HKI dan sertifikat lainnya. Karena itu, bukan hanya mengadopsi teknologi yang saat ini dibutuhkan oleh para wirausaha, tetapi pentingnya merek dan melisensikan bisnis dari satu tereplikasi menjadi 5 atau bahkan lebih," urainya.

Susanty menambahkan, pandemi Covid-19 yang terjadi dan masih berlangsung ini menggerus hampir seluruh lini bisnis di Indonesia termasuk bisnis lisensi dan waralaba di Indonesia terutama di bidang makanan dan minuman, restoran dan kedai, hotel, aparel dan lainnya.

"Menurut data kami, lebih dari 1000 hotel dan restoran di Indonesia tutup secara permanen, dan lebih dari 30 juta pelaku UMKM terpuruk dan bangkrut akibat pandemi Covid-19 ini," tutur Susanty.

Namun, memasuki kuartal ketiga tahun 2021, berdasar dari data ASENSI. terima telah terjadi perbaikan pemulihan ekonomi meskipun masih di angka 3 persen dan data di industri lisensi dan franchise naik sekitar 25-30 persen.

Sutedja Sidarta Darmono, Presiden Direktur PT Jababeka Residence menyatakan mendukung penuh kegiataan inkubasi bisnis ini demi kemajuan UKM di Indonesia.

Pada 2022 mendatang, Jababeka akan membuat pusat UKM di kawasan industri Jababeka Cikarang.

Kegiatan graduation day ini juga dihadiri Asisten Deputi Desry Anna Sari dan mitra strategis ASENSI seperti Jababeka Residence, Marchand Hype Station, Mustika Ratu, BCA, Bizhare, Indogen Capital dan lain-lain.
 

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas