Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PLN Alirkan Energi ke 2 Gardu Induk dan 1 SUTT 150 KV di Banten

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat mengalirkan tegangan (energize) pada tiga proyeknya di Banten.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
zoom-in PLN Alirkan Energi ke 2 Gardu Induk dan 1 SUTT 150 KV di Banten
Handout
Infrastruktur ketenagalistrikan PLN di Banten. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) melaksanakan pemberian tegangan (energize) pada tiga proyeknya di wilayah Banten.

Ketiga infrastruktur kelistrikan tersebut antara lain Gardu Induk 150 kV Sinar Sahabat, Extension Line Bay Gardu Induk 150 kV Sinar Sahabat, dan SUTT 150 kV Sinar Sahabat - Incomer (Citra Habitat - Legok) Sirkit #2 pada Minggu (12/12/2021).

General Manager PLN UIP JBB, Ratnasari Sjamsuddin, mengungkapkan pembangunan proyek ini akan meningkatkan kualitas layanan PLN, terutama bagi pelanggan premium menjelang akhir tahun 2021.

Menurutnya, proyek ini dibangun karena kebutuhan dari beberapa konsumen industri diantaranya PT Cels Teknologi Indonesia, yang bergerak di bidang Data Center. 

Baca juga: PLN Alirkan Setrum untuk 3 Proyek Infrastruktur Kelistrikan Jakarta Barat

Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan juga akan melistriki konsumen di kawasan Curug, Citra Habitat, Legok, dan BSD yang terletak di sekitar Kabupaten Tangerang.

 “PT Cels Teknologi Indonesia merupakan pelanggan premium di wilayah Banten. Kebutuhan pasokan listrik yang optimal menjadi perhatian kami dimana dengan beroperasinya pembangunan ini akan mendukung kemajuan informasi data digital dan operasional dari PT Cels Teknologi Indonesia,” ungkap Ratna, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: PLN Alirkan Tegangan Listrik Line 1 Transmisi SUTET 500 kV Balaraja-Kembangan

BERITA TERKAIT

Ketiga infrastruktur ketenagalistrikan tersebut mulai dibangun pada tahun 2018. 

Pada perjalanannya pembangunan tersebut cukup menantang dan mengalami kendala, khususnya pada pembangunan SUTT 150 kV Sinar Sahabat – Inc. (Citra Habitat - Legok). 

Baca juga: Pemprov NTT Belum Punya Data Kerusakan dan Korban Jiwa hingga Gerak PLN Amankan Pasokan Listrik

Beberapa kendala yang terjadi dialami yakni dari aspek mekanisme mitra rekanan maupun pandemi COVID-19 yang terjadi di awal tahun 2020.

“Pada saat proses konstruksi terdapat kendala dimana pabrikan penyedia material mengalami pailit sehingga menghambat proses pembangunan. Selain itu adanya pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan jadwal Commercial Operation Date (COD) mundur menjadi ke tahun 2024 untuk memenuhi keseimbangan kapasitas pasokan listrik,” ujar Ratna.

Pembangunan ketiga proyek ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 114 M, dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 73 persen.

Tiga infrastruktur ketenagalistrikan ini diharapkan akan meningkatkan layanan kepada pelanggan serta berpotensi untuk menjaring pelanggan baru di wilayah Banten hingga 218 MVA.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas