Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

ISACA Indonesia Chapter dan AFTECH Teken Kerjasama Tata Kelola Cyber Security

ISACA Indonesia berupaya membantu berbagai pihak untuk bisa menciptakan lingkungan digital yang aman, andal dan nyaman.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in ISACA Indonesia Chapter dan AFTECH Teken Kerjasama Tata Kelola Cyber Security
ist
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Information Systems Audit and Control Association (ISACA) organisasi profesi internasional di bidang IT Governance, Risk Management, Assurance dan Cybersecurity, meneken kerjasama dengan perusahaan fintech Indonesia pada ajang Indonesia Fintech Summit 2021.

Kerjasama dengan Perkumpulan Fintech Indonesia (AFTECH) tersebut mencakup Pengembangan Tata Kelola Cybersecurity untuk Industri Fintech dan diwakili oleh Syahraki, President ISACA Indonesia Chapter dan Pandu Patria Sjahrir dan Budi Gandasoebrata selaku Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal pada 12 Desember 2021.

Baca juga: Tahun Depan, Kripto dan Mobile Banking Diprediksi Jadi Target Utama Serangan Siber

AFTECH merupakan sebuah asosiasi yang secara resmi telah ditunjuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Asosiasi Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital berdasarkan POJK No.13/2018.

President ISACA Indonesia Chapter Syahraki menilai, kolaborasi ini sangat penting, ISACA Indonesia berupaya membantu berbagai pihak untuk bisa menciptakan lingkungan digital yang aman, andal dan nyaman.

"Tentunya dengan pengelolaan IT GRC, Audit dan Cybersecurity. Masih banyak yang perlu di tingkatkan di Indonesia terkait ini,” ujar Syahraki, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Kemendikbudristek: Kebutuhan Pakar Keamanan Siber Sangat Besar

“Kita selama ini melihat banyak sekali kasus cybersecurity dan data breach, tentunya Fintech dan sektor jasa keuangan merupakan Industri yang perlu sama-sama diperhatikan, mengingat kepercayaan masyarakat yang harus kita jaga," imbuh Richi, Chapter Secretary ISACA Indonesia Chapter.

BERITA REKOMENDASI

"Dengan kolaborasi ini semoga ISACA dan aftech dapat meningkatkan awareness mengenai pentingnya Cybersecurity di Indonesia,” lanjutnya.

Baca juga: CSIRT, Upaya BSSN Kuatkan Keamanan Siber Indonesia

Dalam kerjasama tersebut, ISACA Indonesia Chapter dan AFTECH sepakat mengembangkan kerangka tata kelola cybersecurity demi mendukung tercapainya target pengembangan industri fintech (financial technology) nasional, serta menunjang kegiatan yang mendorong literasi dan edukasi cybersecurity dan/atau topik lainnya.

Selama ini ISACA Indonesia Chapter telah menjadi asosiasi nirlaba dan independen yang dijalankan oleh para relawan yang tergabung, dengan tujuan untuk menyediakan layanan edukasi melalui aktivitas berbagi pengetahuan dan best practices, jaringan profesional, serta memberikan sejumlah manfaat lainnya bagi anggota di tingkat lokal.

ISACA berdiri sejak 1967 dan kini memiliki 140.000 anggota tersebar di 80 negara. Sementara, di Indonesia ISACA terbentuk pada 1991 dengan nama ISACA Indonesia Chapter.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas