Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jelang Libur Natal, Penumpang KRL Jabodetabek Terus Meningkat

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, pada Senin 20 Desember 2021 volume penumpang KRL Jabodetabek mencapai 506.630 orang.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Jelang Libur Natal, Penumpang KRL Jabodetabek Terus Meningkat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon penumpang menunggu kedatangan kereta di peron jalur layang (elevated track) Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai yang telah beroperasi bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor menggunakan desain yang modern dan standar pelayanan terbaik dengan pemerintah sebagai regulatornya dan KAI Commuter sebagai operator yang melengkapi fasilitas layanan untuk pengguna. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KAI Commuter mencatat jumlah penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 mengalami peningkatan.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, pada Senin 20 Desember 2021 volume penumpang KRL Jabodetabek mencapai 506.630 orang.

"Tren peningkatan penumpang KRL ini terlihat sejak pekan ke-3 Desember 2021, yang tercatat pada hari kerja penumpang KRL mencapai 470 ribu hingga 490 ribu orang per hari," ucap Anne, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Jumlah Penumpang KRL Jabodetabek Mencapai 131.791 Orang pada Senin Pagi

Tren peningkatan volume penumpang KRL ini, lanjut Anne, sejalan dengan berbagai indikator data mobilitas masyarakat lainnya yang juga meningkat di akhir 2021.

"Peningkatan penumpang KRL ini karena masyarakat saat ini sudah mulai menggunakan KRL untuk beraktivitas di luar rumah dan berbarengan dengan waktu libur akhir tahun ini," ucap Anne.

Sebagai antisipasi peningkatan volume penumpang KRL ini, Anne menyebutkan, KAI Commuter telah menambah jumlah perjalanan KRL secara bertahap.

BERITA TERKAIT

"Pada masa layanan Natal dan Tahun Baru ini KAI Commuter mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL setiap harinya dengan 94 rangkaian kereta," kata Anne.

Baca juga: Pada Malam Tahun Baru 2022 KRL Beroperasi Hingga Pukul 22.00 WIB

Dari jumlah tersebut, 309 perjalanan melayani di jam sibuk pagi hari yaitu pukul 04:00 – 09:00 WIB, dan 241 perjalanan melayani di jam sibuk sore dan malam hari pada pukul 16:00 – 20:00 WIB.

"Kami mencatat, bahwa volume penumpang tertinggi saat ini masih terkonsentrasi pada jam sibuk," kata Anne. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas